Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Suara Bising!

Kompas.com - 29/10/2013, 16:20 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Suara bising dari luar kamar bisa sangat mengganggu. Untuk menangkal gangguan tersebut, PT Petrojaya Boral Plasterboard menawarkan solusi baru berupa papan gipsum dengan banyak keuntungan, terutama sebagai penangkal bising.

PM Technical Board PT Petrojaya Boral Plasterboard Donny Libra dan Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard Indra Budi Wibowo mengenalkan produk baru tersebut di Jakarta, Selasa (29/10/2013). Produk bernama Soundstop tersebut merupakan papan gipsum terbaru yang mampu meredam suara. Dengan menggunakan papan gipsum tersebut sebagai partisi, suara bising dari luar ruangan tidak akan terdengar di dalam ruangan.

"Secara resmi, kita baru akan luncurkan pada November mendatang. Sekarang dalam tahap pengenalan," kata Donny kepada Kompas.com.

Donny mengatakan, beberapa gedung, seperti hotel, rumah sakit, dan apartemen, memiliki standar kekedapan suara dari satu kamar ke kamar lain. Standar tersebut sangat ketat, terutama hotel bintang empat dan bintang lima.

"Menggunakan papan gipsum Soundstop yang mampu mengeblok suara dari satu ruangan ke ruangan lain," ujarnya.

www.shutterstock.com Sistem pertama memiliki dua lapis Soundstop 12mm, single stud, dengan insulasi. Tebal partisi ini mencapai 148 mm dan nilai STC-nya mencapai 50. Sementara, sistem kedua memiliki ketebalan papan gipsum dan partisi yang sama, namun menggunakan insulasi dan nilai STC-nya mencapai 56.
Saat ini, karena kemampuannya menahan bising dari luar ruangan, hampir lengkap koleksi produk gipsum Boral Indonesia. Sebelum ini, Boral juga sudah mengenalkan papan gipsum tahan api, papan gipsum khusus wet area, serta papan gipsum yang mampu meminimalkan gema di dalam ruangan dengan nama Jayabell. Sementara produk terbaru ini pun, lanjut Donny, sudah digunakan untuk hotel-hotel berbintang di Jakarta.

"Saat ini sudah sampai tahap finishing," katanya.

Lantas, apa bedanya papan gipsum ini dengan papan gipsum standar? Donny menuturkan, papan gipsum standar atau papan gipsum yang tidak memiliki fitur tambahan memiliki beberapa pilihan ukuran ketebalan. Papan gipsum tersebut biasanya tersedia dalam ukuran 9 mm dan 12 mm. Sementara papan Soundstop memiliki ketebalan 12 mm dengan densitas lebih tinggi dari papan gipsum standar.

"Dengan fitur ini, kemampuan papan gipsum tersebut mengeblok suara jadi lebih baik. Papan gipsum standar setebal 12 mm biasanya mampu menahan 45 STC, sementara Soundstop bisa mencapai 50 STC," ujar Donny.

STC stop Sound Transmission Class merupakan nilai tunggal indikasi satuan suara yang dapat ditahan atau dikurangi oleh perantara, dalam hal ini papan gipsum, dari sumber suara di satu ruang sampai diterima di ruang sebelahnya. Sebagai perbandingan, dengan kekuatan mencapai 42 STC saja, percakapan di luar ruangan tidak lagi dapat dimengerti. Sementara Soundstop mampu mencapai 50 STC.

Ketebalan dan tingginya densitas papan gipsum ini memberikan kelebihan lain. Menurut Donny, kekuatannya untuk menahan paku pun lebih kuat. Bahkan, sangat kuat menahan benturan dengan lebih baik.

www.shutterstock.com Ilustrasi.
Ketebalan

Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard Indra Budi Wibowo mengatakan, sistem partisi Boral untuk Soundstop terdiri dari dua sistem. Sistem pertama memiliki dua lapis Soundstop 12 mm, single stud, dengan insulasi. Tebal partisi ini mencapai 148 mm dan nilai STC-nya mencapai 50. Sementara sistem kedua memiliki ketebalan papan gipsum dan partisi yang sama, tetapi menggunakan insulasi dan nilai STC-nya mencapai 56.

Kedua sistem ini tergolong mampu menahan benturan dengan sangat baik. Berdasarkan British Standar, keduanya termasuk heavy duty, bahkan saver.

Selain itu, lanjut Indra, ada satu fakta lain yang menarik mengenai penggunaan papan gipsum, khususnya untuk menangkal bising. Menurutnya, dibandingkan dengan bata ringan yang ketebalannya rata-rata mencapai 150 mm, performa Soundstop justru lebih baik.

"Ternyata, bata yang lebih tebal tidak berarti lebih mampu menangkal suara bising. Padahal, papan gipsum lebih aman, lebih ringan, lebih ringkas, bahkan mampu menekan jumlah biaya konstruksi keseluruhan," ujarnya.

Menurut Indra, penggunaan papan gipsum ini cocok untuk daerah wisata. Di tengah malam, tamu hotel tidak perlu khawatir adanya bunyi-bunyian dari kamar di sebelahnya, misalnya bunyi air kamar mandi, flushing, dan suara televisi. Maka, jika diaplikasikan di rumah, kini Anda sendiri pun sudah bisa mengucapkan selamat tinggal pada suara bising dari luar ruangan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com