Kompas.com - 26/05/2013, 12:03 WIB
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk berburu hunian. Bagi pasangan muda yang belum mapan secara ekonomi, tetapi berencana membeli dan memiliki hunian pertama, bisa memilih apartemen murah di dalam kota. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya sesuaikan harga apartemen tersebut dengan anggaran yang dimiliki, kebutuhan, aksesibilitas dan kedekatan dengan aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa pilihan apartemen murah dengan harga di bawah Rp 300 juta per unit. Apartemen-apartemen tersebut sebagian besar terdistribusi di belahan timur dan selatan Jakarta. Lokasinya memang agak mendekati perbatasan dengan Bekasi, Depok, dan Ciputat, tetapi aksesibilitasnya sangat memadai. Bisa dijangkau oleh transportasi publik massal seperti Transjakarta atau pun kereta rel listrik. Selain itu, dikelilingi oleh fasilitas umum yang sudah terbangun, seperti rumah sakit, pusat belanja, pusat perdagangan, dan juga pusat pendidikan.

Berikut ini beberapa apartemen murah yang laik dipertimbangkan:

1. Sentra Timur Residence

Apartemen ekonomis ini dikembangkan secara KSO oleh Bakrieland Development dan Perumnas. Mereka menawarkan tipe-tipe mungil, mulai dari studio hingga dua kamar tidur. Harganya masih sangat terjangkau. Saat ini dibanderol pada angka Rp 180 juta atau Rp 7,2 juta per meter persegi untuk tipe studio seukuran 20,7 meter persegi. Apartemen ini menempati area di dalam pengembangan Sentra Timur Superblok di Pulo Gebang, Jakarta Timur.

2. De Green Pramuka

Lokasinya lebih dekat dengan pusat kota, yakni di Jl Pramuka, Jakarta Timur. Duta Paramindo Sejahtera mengembangkan ribuan unit apartemen. Dari ribuan unit tersebut komposisi apartemen murah memang tidak mayoritas. Akan tetapi, jika Anda sangat membutuhkannya bisa menjadikan De Green Pramuka sebagai pilihan. Anda hanya perlu menyediakan anggaran senilai Rp 290 juta (Rp 13,8 juta per meter persegi) untuk mendapatkan satu unit dengan tipe 21 meter persegi.

3. Bassura City

Ini merupakan apartemen di dalam kawasan multifungsi. Synthesis Karya Pratama membangunnya dalam beberapa tahap. Harga per unit yang ditawarkan pun terbilang kompetitif, yakni Rp 12,07 juta per meter persegi. Jika dihitung secara unit, dana yang harus Anda sediakan hanya Rp 250 juta untuk apartemen dengan ukuran 20,7 meter persegi. Lokasinya di Jl Basuki Rahmat, Jakarta Timur.

4. LA City

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.