Kompas.com - 04/03/2013, 14:34 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Bicara ukuran artinya bicara angka. Banyak orang malas memperhatikannya. Padahal, untuk membuat dapur yang ergonomis, mau tak mau kita harus bicara ukuran, tinggi, rendah, panjang, dan lebar.

Mungkin, Anda sering merasa tidak nyaman bekerja di working table di dapur rumah Anda. Atau, Anda merasa kesulitan menjangkau benda-benda yang disimpan di lemari atau kabinet gantung. Bisa jadi, ini karena dapur Anda dirancang tanpa memperhatikan ukuran-ukuran ideal.

Ukuran ideal sebuah dapur sepintas terkesan sepele. Tapi, Anda sebagai pengguna bisa merasakan sendiri akibatnya. Ukuran yang sembarangan dapat membuat kerja di dapur jadi tidak nyaman. Kalau mau lebih nyaman lagi, seharusnya ukuran lemari, working table, dan kitchen set harus disesuaikan dengan ukuran tinggi badan, bahkan ukuran siku, dari orang yang sering beraktivitas di dapur.

Beberapa buku tentang dapur menjelaskan tentang ukuran standar berbagai perabot dapur, yang kerap kali kita lalaikan. Intisari dari ukuran-ukuran standar itu meliputi:

Ukuran meja kerja

Coba ukur working table atau meja kerja di dapur rumah Anda. Berapa tingginya?

Menurut Gilly Love dalam bukunya Membuat Dapur Idaman, idealnya ketinggian area kerja ini adalah sama tinggi dengan pinggang. Bahkan, bisa jadi lebih rendah lagi kalau digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan lebih berat dari sekadar meracik bumbu, misalnya memasak.

Pada kegiatan ini, ketinggian meja yang cukup rendah akan membuat lengan lebih mudah bekerja saat mengaduk atau membolak-balik makanan di penggorengan atau panci.

Daya jangkau

Permukaan meja kerja juga harus diperhatikan berapa lebarnya. Daya jangkau tangan manusia, khususnya wanita, ke depan adalah 85 cm, sementara ke samping antara 42cm - 62cm.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.