Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadapi Dinding Rumah yang Tak Rata

Kompas.com - 07/11/2012, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Memperbaiki rumah dan mendapatkan hasil yang diinginkan rasanya sangat menyenangkan. Rumah tampil lebih cantik, biaya yang dikeluarkan juga tidak bengkak.

Ada beberapa tips jitu untuk mempermak dinding rumah yang tidak rata. Anda bisa mengikuti tahapannya dan jadilah ahli di rumah Anda sendiri.

Penyebab

Rumah lama biasanya memiliki masalah dengan dinding, mulai dari dinding yang retak, bekas rembesan air dan sebagainya. Masalah ini kerap muncul seiring dengan faktor cuaca, lingkungan dan beberapa diantaranya merupakan dampak dari awal pengaplikasian material pada dinding.

Salah satu masalah sering dihadapi adalah tekstur dinding tidak rata. Permasalahan ini biasanya muncul dari awal pengaplikasian lapisan pada dinding, mulai dari bata, plester, aci, hingga cat. Pengerjaan tidak optimal memang berakibat pada hasil yang tidak rapih.

Adapun alat-alat yang diperlukan untuk mempermak dinding rumah yang tidak rata ini adalah, kape, sikat besi, air bersih, roskam, milk (kalsium), cat dan roll cat. Nah, apa saja yang harus dilakukan? Simak tahapannya:

Kupas lapisan cat

Gunakan kape untuk mengupas lapisan pada dinding rumah Anda. Kupas hingga lapisan aci terlihat.

Bersihkan permukaan dinding

Bersihkan debu dan kotoran yang tertempel pada dinding. Debu dan kotoran yang terdapat pada dinding dapat mengganggu daya rekat semen aci yang akan ditempelkan pada dinding tidak rata.

Basahi dinding dengan air

Membasahi dinding dengan air dimaksudkan agar tidak terjadi retakan rambut ketika dilakukan pengacian ulang. Dinding basah justru akan membuat acian tidak cepat kering dan retak.

Aci ulang

Lakukan pengacian ulang hingga permukaan rata. Anda dapat menggunakan semen yang dicampur bahan aditif. Semen instan juga dapat menjadi pilihan. Gunakan roskam dari papan melaminto agar hasil lebih maksimal.

Plamir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com