Kompas.com - 05/11/2012, 15:45 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingginya permintaan lokasi perkantoran di Jakarta bukan semata akibat dari membaiknya kondisi perekonomian Indonesia. Direktur PT Kalma Propertindo Jaya Zahir Ali mengungkapkan, tingginya permintaan tersebut juga dilatarbelakangi oleh pergeseran minat para pemilik usaha.

Sebelumnya, para pemilik usaha memilih ruko sebagai kantor mereka. Demi meningkatkan gengsi dan memiliki tempat usaha lebih nyaman, para pemilik usaha ini kini lebih memilih berinvestasi dengan membeli ruang kantor.

Sayangnya, harga ruang kantor di kawasan central business district (CBD) seperti kawasan Sudirman saat ini semakin melambung. Harga per meter persegi bangunan kantor di kawasan tersebut sudah mencapai angka Rp 45 juta atau lebih. Di sisi lain, ketersediaannya juga sangat terbatas.

"Oleh karenanya, pemilik usaha membutuhkan alternatif baru untuk menjawab kebutuhan mereka," ujar Zahir Ali pada konferensi pers ground breaking 18 Office Park di TB Simatupang, Senin (5/11/2012).

Senior Associate Director Colliers International Ricky Tarore mengungkapkan, kawasan perkantoran baru kini tengah berkembang di selatan Jakarta. Kawasan tersebut adalah TB Simatupang. Kehadiran 18 Office Park sendiri merupakan salah satu bentuk "partisipasi" dalam menjadikan kawasan TB Simatupang sebagai distrik perkantoran baru.

"Demand (perkantoran) masih terus naik. Sekarang ini lagi bagus-bagusnya, dan hampir semua pengembang membuat kantor di sini," ujar Ricky.

Ricky juga mengungkapkan bahwa cetak biru peruntukan TB Simatupang sebagai kawasan perkantoran sebenarnya sudah ada sejak 1998. Namun, pembangunan kantor di daerah tersebut terhenti setelah krisis ekonomi menerpa Indonesia, khususnya Jakarta.

Kini, 14 tahun setelah krisis moneter itu, TB Simatupang sudah siap menjadi kawasan perkantoran. Setidaknya, sebanyak 15 menara perkantoran akan dibangun di daerah tersebut sampai 2015 mendatang.

"Proyek dengan jangka waktu realisasi terdekat itu juga sudah ada di depan mata," kata Ricky.

Rencananya, dalam 24 bulan mendatang, dua menara perkantoran 18 Office Park di TB Simatupang ini akan selesai dibangun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.