Kompas.com - 17/09/2012, 17:28 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk memantau kondisi rumah adalah dengan memasang sistem closed circuit television (CCTV) terpadu. Namun, Anda perlu menentukan kebutuhan, lokasi, dan target penempatan agar alat pengaman rumah ini berfungsi maksimal.

Dengan sistem ini Anda bisa melihat pergerakan orang di rumah sekaligus orang asing yang tengah bertamu. Selain mengamankan penghuni dari ganguan orang asing, security system juga membuat Anda tenang kala meninggalkan buah hati di rumah.

Namun, Anda tidak bisa memasang sistem keamanan secara sembarang. Alih-alih melindungi rumah, performa security device tersebut bisa "keok" karena kesalahan dalam pemasangannya.

Sebelum memutuskan memasang kamera CCTV, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan, di antaranya memastikan kebutuhan, memilih jenis kamera, dan menentukan letak pemasangan. Nah, bagaimana cara pemasangan CCTV rumah yang benar? Simak panduan singkat sebelum memasang kamera CCTV ini:

Pastikan kebutuhan

Pastikan kebutuhan area atau zona yang ingin Anda pantau. Jika Anda hanya ingin memantau ruangan di dalam rumah, Anda bisa pilih CCTV tipe dome atau bullet.

Namun, jika ingin memantau zona luar seperti taman atau halaman, ada baiknya Anda memilih CCTV yang memang di-setting untuk zona luar ruangan (outdoor) dan memiliki fitur infra red.

Tentukan lokasi

Tentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh). Kamera ini juga bisa untuk digunakan pada kondisi gelap atau terang. Dari situ baru Anda tentukan titik pemasangan kamera CCTV sesuai dengan keinginan.

Tentukan target

Tentukan target obyek yang diawasi, kemudian tentukan ketinggian letak kamera. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu jauh dari area yang diawasi. Adapun standar penempatan biasanya mengikuti ketinggian rumah dengan sudut sekitar 100°-115°

CCTV untuk outdoor

Untuk pemasangan CCTV luar ruangan, sebaiknya Anda memprioritaskan letak kamera di bawah atap atau zona terlindungi lainnya. Hal ini untuk melindungi kamera dari hujan, angin, juga panas matahari. (Feni Freycinetia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.