Rumah Tipe 36 Wajib Pakai Lampu Tenaga Surya - Kompas.com

Rumah Tipe 36 Wajib Pakai Lampu Tenaga Surya

Kompas.com - 09/04/2012, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perumahan Rakyak (Menpera) Djan Faridz meminta para pengembang perumahan menggunakan lampu hemat energi bertenaga surya. Kewajiban ini terutama diperuntukan untuk pengembang perumahan tipe 36 meter persegi yang diprogramkan oleh Kemenpera.

"Kemenpera nantinya akan mengeluarkan Peraturan Menteri terkait penghematan energi untuk rumah tipe 36. Pengembang perumahan nanti wajib menggunakan lampu hemat energi tenaga surya," kata Djan Faridz di Jakarta, Senin (9/4/2012).

Djan mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan lampu dengan menggunakan lampu bertenaga surya. Selain itu, energi tenaga surya ini bisa dimanfaatkan untuk penerangan jalan.

"Sementara PLN nanti dijadikan pendukung jika ada masalah dengan solar cell," ujarnya.

Menpera mengatakan, keberadaan lampu hemat energi ini telah banyak tersedia di pasaran meskipun penggunaannya belum disosialisasikan secara nasional. Ia menilai, apabila penggunaan lampu hemat energi ini bisa dilaksanakan, maka akan dapat membantu pemerintah dalam upaya penghematan energi listrik.

Djan Faridz mengatakan, untuk tujuan tersebut pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Dalam Negeri. Program ini, lanjutnya, tak hanya berhenti pada rumah tipe 36 saja, namun juga akan diwajibkan bagi pengembang yang membangun rumah susun dan apartemen.

Menpera mengaku yakin, beralih menggunakan lampu hemat energi tidak akan mempengaruhi harga rumah. Menurutnya, harga lampu tidak akan mahal karena akan diproduksi di dalam negeri.

"Kami sedang melakukan studi tentang harga lampu hemat energi ini dan berusaha agar harganya semurah mungkin," jelasnya.


EditorLatief

Close Ads X