Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Bank Tetap Optimistis

Kompas.com - 30/03/2012, 14:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski aturan kenaikan uang muka baru efektif pada Juni 2012, sejumlah bank tetap menunjukkan optimismenya, bahwa kredit konsumsi untuk perumahan tetap tumbuh pada 2012.

Dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.14/10/DPNP tertanggal 15 Maret 2012 disebutkan, bahwa besaran loan to value (LTV) KPR maksimal 70%, artinya uang muka yang dibayar nasabah untuk mendapat KPR minimal 30 persen. Aturan tersebut berlaku untuk kredit konsumsi kepemilikan rumah tinggal, termasuk rumah susun atau apartemen, namun tidak termasuk rumah kantor dan rumah toko, dengan tipe bangunan lebih dari tujuh puluh meter persegi atau bukan untuk rumah murah berukuran di bawah tipe 70.

Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, target penyaluran kredit BCA pada 2012 tetap konservatif yaitu 20% - 22%.

"Target KPR kami adalah bagi kelas menengah ke atas karena mereka memiliki kemampuan dan daya beli, sejauh ini untuk mencapai target 20% - 22% pada 2012 kami optimistis karena didukung dengan layanan, suku bunga yang bersaing dan jangka waktu yang bagus," kata Jahja.

KPR BCA menurut Jahja memberikan bunga tetap 8 persen selama 55 bulan ditambah kemudahan bagi kreditur yang ingin membayar pinjaman lebih cepat dari batas waktu tidak harus dikenai denda.

"Konsumen yang pinjamannya jatuh tempo juga tidak langsung dikenai bunga mengambang double digit, tapi dapat meminta paket lain yang bunganya tidak sampai dua digit," jelas Jahja.

Kredit konsumsi BCA secara keseluruhan naik 37,6% pada 2011 menjadi total Rp 50,3 triliun yang didukung pertumbuhan KPR sebesar 53,5% menjadi Rp 28 triliun dan KKB sebesar 30,3% menjadi Rp 17,6 triliun.

Bank CIMB Niaga juga masih optimistis dengan target penyaluran kredit KPR dan KKB.

"Kami belum melakukan revisi untuk target pertumbuhan penyaluran kredit secara keseluruhan, yaitu 18%, termasuk di dalamnya adalah kredit konsumsi, yaitu KPR dan kredit pemilikan mobil (KPM)," kata Wakil Presiden Direktur CIMB Niaga Catherinawati Hadiman seusai Rapat Umum Pemegang Saham.

Alasannya, menurut Catherina, ialah ekspektasi pendapatan per kapita masyarakat Indonesia yang meningkat dan target pasar KKB dan KPR CIMB Niaga adalah masyarakat menengah ke atas sehingga memiliki kemampuan pembayaran uang muka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com