Manfaat "Menggantung" Sirih Belanda

Kompas.com - 01/08/2011, 12:43 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Mau tampilan rumah lebih hijau saat hari raya Idul Fitri nanti? Manfaatkan saja dengan langkah sederhana, misalnya memanfaatkan tanaman yang telah ada, kemudian "digantung". Hasilnya, pandangan hijau kekuningan melayang di teras rumah.

Banyak tanaman bisa diterapkan untuk pot gantung. Namun, satu yang praktis dan mudah dilakukan adalah menggantung tanaman sirih.

Tanaman sirih yang dipilih adalah jenis Sirih Belanda (epipremnum aureum). Selain memiliki kelebihan gerakan merambat dengan cepat, warna daun kuning atau hijau kekuningan ini berfungsi sebagai salah satu tanaman antipolutan dengan kapasitas penyerapan yang besar.

Untuk menggantung Sirih Belanda ini, Anda bisa menyiapkan pot-pot kecil yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pot kemudian siap digantung, sementara rambatan Sirih Belanda akan menjuntai ke bawah.

Carilah pot dengan wadah air di bawahnya. Air pada wadah bisa menjaga kelembaban tanaman. Pastikan juga memiliki gantungan yang kuat, agar pot tidak merosot jatuh dan pecah.

Harga Sirih Belanda relatif murah, yaitu sekitar Rp 7.500 - Rp 15.000 per kantong, tergantung ukuran tanaman. Tanaman ini akan menyerap polutan di sekitar rumah dalam jumlah banyak.

Namun, saat terlalu banyak yang diserap daunnya akan jenuh dan menua. Daun seperti inilah yang wajib Anda pangkas, agar daun muda Sirih Belanda bisa tumbuh lagi. Teras kini lebih hijau, udara pun jadi segar. Selamat mencoba!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.