Tol Bogor-Sukabumi Dibangun Tahun 2011 - Kompas.com

Tol Bogor-Sukabumi Dibangun Tahun 2011

Kompas.com - 05/10/2010, 10:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor memperkirakan pembebasan lahan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) selesai akhir tahun ini. Diharapkan, pembangunan jalan tol itu sudah bisa dimulai pada tahun depan.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kota Bogor Azrin Syamsudin mengatakan pembebasan lahan bagi ruas tol sepanjang 53,6 kilometer itu harus selesai dalam tiga bulan mendatang. Dia mengatakan jika warga sudah sepakat dengan taksiran harga ganti rugi lahan yang diberikan tim penilai independen maka dalam tiga bulan bisa selesai. “Yang lama pada proses appraisal,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (5/10).

Proses pembebasan lahan ruas tol ini sempat terhambat pada tahun 2009 lalu. Koordinator Lapangan Tim Pengadaan Tanah (TPT) Kementrian Pekerjaan Umum Direktur Jenderal Bina Marga Yanyan Yuhana mengungkapkan, pembebasan lahan ini tersendat lantaran masalah pendanaan.

Namun, dia mengaku masalah pendanaan sudah bisa teratasi. “Sekarang sudah ada uang. Kami sudah bisa melakukan pembayaran ganti rugi atau pelepasan hak. Kami hanya menunggu kelengkapan administrasi saja,” ujarnya.

Bila semua persyaratan administrasi sudah kelar, Yanyan optimistis warga yang tergusur akibat pembangunan ruas tol ini bisa memperoleh uang ganti rugi pada minggu keempat November mendatang. Dengan catatan, Panitia Pembebasan Tanah Kota Bogor telah membuat peta bidang tanah dan mengumumumkan hasilnya kepada warga.

Pembangunan ruas tol ini akan memakan lahan pemukiman seluas 24,66 hektare, lahan persawahan 42,99 hektare dan ladang 74,55 hektare. Sebelumnya, telah ada pembebasan tanah seluas 29.745 meter persegi untuk 52 bidang tanah milik 36 warga di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jalan tol yang akan menghubungkan Bogor-Sukabumi ini diharapkan sudah bisa beroperasi tahun 2014. Pembangunan tol ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 5,4 triliun. Sebanyak Rp 725 miliar dianggarkan untuk pembebasan lahan seluas 142,20 hektare. PT Trans Jabar Tol selaku pemegang hak konsesi akan mengoperasikan jalan tol ini selama 35 tahun terhitung sejak Juli 2007 silam.

PT Trans Jabar Tol merupakan konsorsium tiga perusahaan yakni PT Bakrie Toll Road, PT Jasa Sarana Jabar dan PT Bukaka Teknik Utama. Komposisi sahamnya 60 persen, Bakrie Toll Road, 25 persen Jasa Sarana Jabar dan 15 persen Bukaka Teknik. (Edy Can/KONTAN)


EditorR Adhi KSP

Close Ads X