Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai September, 14 Waralaba Asing Masuk Indonesia

Kompas.com - 23/09/2010, 17:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pewaralaba milik asing semakin agresif menyasar di Indonesia. Hingga September 2010, 14 pewaralaba asing sudah mendapatkan izin mengembangkan bisnisnya di Indonesia melalui sistem waralaba.

“Tahun ini sudah 12 dan dua waralaba baru yang mendaftar di bulan September,” kata Direktur Bina Usaha dan Pendaftaran Perusahaan, Kementerian Perdagangan, Dede Hidayat di Jakarta, Kamis (23/9).

Dua perusahaan yang sudah mendapatkan izin untuk mengembangkan bisnis waralabanya di antaranya Gakken Educational Co Ltd yang bermarkas di Jepang dan DKH Retail Limited yang berasal dari Inggris. Dede mengatakan, kedua perusahaan tersebut sudah bisa mencari dan beraktivitas untuk menawarkan kerjasama bisnisnya di Indonesia.

Sebagai perbandingan, sepanjang tahun 2009 lalu jumlah waralaba asing yang mendaftar sebanyak 20 perusahaan yang terkahir adalah 7-Eleven yang mendapatkan izin waralabanya bulan November 2009 lalu.

Jika dihitung sejak tahun 2008, maka sebanyak 38 waralaba asing sudah mencengkramkan bisnisnya di Indonesia. Kebanyakan bisnis waralaba asing tersebut bergerak di sektor makanan dan minuman. (Asnil Bambani Amri/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com