PDCI: Belajar Bahasa Inggris Lewat Turnamen Olahraga

Kompas.com - 11/08/2009, 11:27 WIB
Editor

DEPOK, KOMPAS.com — Penggunaan media olahraga untuk pembelajaran Bahasa Inggris merupakan suatu metode kreatif yang akan melibatkan seluruh elemen sekolah dan dapat memperkaya metode belajar di dalam kelas.

Hal tersebut dikemukakan oleh Country Director British School Keith Davis dalam sambutannya di pembukaan turnamen olahraga antar-sekolah Pompey Double Club Indonesia (PDCI) di kompleks P4TK-Sawangan, Depok, Selasa (11/8). Kegiatan ini digelar mulai Selasa (11/8) hingga Kamis (13/8) di P4TK, Sawangan, Depok.

"Dengan menggunakan aktivitas olahraga sebagai medianya, secara khusus kegiatan semacam ini dapat menjadi alternatif program pembelajaran Bahasa Inggris secara aktif untuk anak usia 13 sampai 15 tahun," ujar Keith.

Keith mengatakan, pemilihan olahraga sebagai media pembelajaran kali ini karena sifatnya yang menyenangkan dan menyatukan banyak orang. Alhasil sebelum turnamen digelar, di tiap sekolah, peserta turnamen diadakan pelatihan Bahasa Inggris dan sepak bola/bola voli selama 12 pekan. 

"Namun selain teknik permainan, pembimbing juga menanamkan sikap fair play, skill kepemimpinan, dan optimisme kepada para siswa peserta," tambahnya.

PDCI tahun ini merupakan perhelatan kedua setelah dilaksanakan pertama kali pada 2008. Bekerja sama dengan Porstmouth Football Club (the Pompey), PP Muhammadiyah, dan Asian Soccer Aacademy (ASA), turnamen yang diselenggarakan oleh British Council ini diikuti oleh 500 siswa dari 14 SMP Muhammadiyah dari empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.