Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitri Tampilkan Tari Warna dari Tanah

Kompas.com - 29/05/2009, 02:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Penari kontemporer Indonesia Fitri Setyaningsih akan menampilkan karya terbaru pada pagelaran tari "Regional Dance Summit" yang diikuti penari dari lima negara di Jakarta, pada 4-8 Agustus mendatang.

"Saya sudah mendapat inspirasi tari apa yang akan saya tampilkan, tapi gerakannya seperti apa, belum bisa ceritakan sekarang," kata Fitri Setyaningsih ketika dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan Fitri, inspirasi tersebut berasal dari pergantian waktu dan warna yakni bergantian siang dan malam, pagi, dan sore, serta kemarin, hari ini, dan besok.

Dari pergantian waktu tersebut, kata dia, muncul warna-warna yakni matahari yang baru terbit dan matahari yang akan tenggelam, yang warna-warnanya menerobos ruang seperti akan masuk ke dalam tanah.

"Dari inspirasi tersebut saya akan menamakan konsep tarian saya adalah ’warna dari tanah’," kata penari yang pernah tampil di sejumlah negara ini.

Dari pergantian waktu dan warna tersebut, kata Fitri, ia mengambil rentang waktu kemarin, hari ini, dan besok, dengan mengosongkan waktu masa lalu dan masa mendatang.

Ketika perubahan-perubahan tersebut diekspresikan dalam bentuk tarian, katanya, maka akan muncul warna-warna tubuh dan ruang. Ekspresi tersebut yang akan ditampilkannya dalam bentuk tarian kontemporer di "Regional Dance Summit".

Dalam setiap kreasi tarinya, Fitri selalu mengandalkan eksplorasi tubuh dengan pendekatan kostum dan ruang.

Ia merencanakan pada pagelaran tari yang diselenggarakan Pusat Kebudayaan Jerman (Goethe Institute) tersebut menggunakan kostum yang bersinar dipadu dengan stiker-stiker.

Sedangkan durasi tarian solo yang akan ditampilkan diperkirakan sekitar 25 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com