Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Memasang Panel Surya

Harga bahan bakar minyak yang terus naik dalam beberapa tahun belakangan membuat tarif dasar listrik terus meningkat. Karena itu, tidak heran banyak yang sudah beralih menggunakan panel surya.

Namun sebelum Anda memasang panel surya, ada beberapa hal yang wajib harus dipikirkan secara matang.

Berikut 5 hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memasang panel surya seperti dikutip dari CNet.

Lokasi

Sebelum membeli panel surya, pastikan bahwa Anda memiliki tempat yang memadai untuk meletakkannya.

Memang banyak panel surya yang dipasang pada bagian atap rumah. Namun ini bisa menyebabkan timbulnya biaya lanjutan karena harus dilakukan modifikasi atap.

Belum lagi pada rumah yang sudah tua, akan ada biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan dan penggantian atap rumah.

Selain di atap, panel surya juga dapat dipasang di area pekarangan. Ini adalah alternatif potensial jika Anda merasa pemasangan di atap terlalu mahal.

Di mana pun panel dipasang, pastikan bahwa Anda bisa mendapatkan posisi optimal untuk panel tersebut yakni bisa menyerap sinar matahari sebanyak mungkin.

Jenis panel surya

Umumnya, jenis panel surya yang terdapat di pasaran ada dua jenis. Jenis pertama adalah panel surya fotovoltaik dan panel surya termal.

Panel surya fotovoltaik menggunakan sel surya yang bisa secara langsung mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Sedangkan panel surya termal menggunakan cermin untuk memusatkan sinar matahari. Biasanya jenis panel ini digunakan untuk pemanas air.

Selain jenis, Anda juga harus mempertimbangkan kinerja, daya tahan, dan garansi panel surya yang akan dibeli nantinya.

Jangan lupa melakukan riset dan mencari sumber terpercaya dan pengalaman pengguna lainnya untuk mendapatkan informasi terbaik sebelum membuat keputusan.

Izin pemasangan

Setiap daerah memiliki aturan berbeda dalam pemasangan panel surya di rumah. Karena itu, sebelum memasang panel surya, sangat penting memastikan bahwa Anda mematuhi semua aturan yang berlaku.

Pada beberapa wilayah, Anda harus mengajukan izin untuk pemasangan. Bersabarlah hingga ada persetujuan dari otoritas terkait.

Pertimbangkan biaya

Panel surya hampir pasti akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Namun, ada biaya yang perlu dipertimbangkan.

Komponen biaya pertama yang harus dipertimbangkan adalah harga pembelian panel surya yang cukup mahal.

Harga satu panel surya sangat tergantung pada ukuran dan spesifikasinya, namun rata-rata berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 5 juta.

Proses pemasangan panel surya juga harus membutuhkan tenaga khusus. Jangan lupa hitung biaya modifikasi atap atau area yang akan menjadi tempat pemasangan. Hitung juga prediksi biaya perawatan yang akan diperlukan selama masa pakai panel.

Manfaat

Penggunaan panel surya memang tengah populer, terutama dengan mulai sadarnya masyarakat tentang penggunaan energi ramah lingkungan.

Tetapi tidak berarti setiap rumah bisa memilikinya. Pertimbangkan, apakah properti Anda bisa mendapatkan manfaat dari panel surya secara maksimal.

Misalnya apakah sinar matahari di daerah tempat tinggal Anda bisa maksimal menghasilkan energi surya atau tidak. Bila tidak, sebaiknya pertimbangkan kembali niat Anda untuk membeli panel surya.

https://properti.kompas.com/read/2022/09/09/173000621/5-hal-yang-wajib-dipertimbangkan-sebelum-memasang-panel-surya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke