Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut KTT G20 ASEAN Summit, Jalan Menuju Tana Mori Diperlebar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan hal itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/9/2020).

"Tahun 2021, kami sudah programkan pelebaran jalan sesuai dengan standar nasional menuju Tana Mori sepanjang 30 kilometer. Pengerjaannya (konstruksi) selesai tahun 2022," tegas Basuki.

Pelebaran jalan tersebut merupakan bagian dari pengenmbangan KSPN Labuan Bajo sekaligus menyambut pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ASEAN Summit pada tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis, pembangunan infrastruktur dapat selesai sebelum perhelatan itu.

"Tadi disampaikan dukungan infrastruktur utamanya adalah terkait jalan, air, listrik, dan komunikasi. Saya kira semua bertahap sedang disiapkan dan optimis kalau semua berjalan dan bisa selesai walaupun memang sekarang kami sedang serius menangani Pandemi Covid-19," terang Luhut.

Adapun, program peningkatan jalan dan jembatan menuju Tana Mori sepanjang 30 kilometer dilakukan mulai dari ruas jalan Hotel Jayakarta dengan anggaran sebesar Rp 377 miliar.

Jalan dengan standar nasional ini akan dirancang selebar 7 meter, 2 lajur, 2 arah dan dengan median jalan.

Pengerjaannya dilakukan secara bertahap berupa peningkatan struktur jalan Labuan Bajo-Simpang Kenari sepanjang 14,6 kilometer dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp 146 miliar dan Simpang Kenari-Tana Mori sepanjang 15,4 kilometer dengan anggaran Rp 231 miliar.

Selain pembangunan akses menuju Tana Mori, peningkatan jaringan jalan KSPN Labuan Bajo juga dilakukan meliputi beberapa kegiatan seperti penanganan ruas jalan dalam kota, penataan trotoar dan drainase, perbaikan geometrik jalan, pelebaran dan preservasi, serta pembangunan jalan baru.

Tahun ini, alokasi peningkatan jaringan jalan KSPN Labuhan Bajo adalah sebesar Rp 384,1 miliar yang digunakan untuk 9 paket pekerjaan sepanjang 10. 235 kilometer.

Rinciannya, peningkatan jalan, trotoar, dan drainase Jalan Soekarno Atas (2,19 kilometer) dengan progres 33,95 persen, Jalan Soekarno Bawah (2,01 kilometer) progres 37,99 persen, Jalan Simpang Pede (4,51 kilometer) progres 34,87 persen.

Kemudian, Jalan Yohannes Sahadun (4,05 km) dengan progres 31,72 persen, serta peningkatan jalan kawasan pariwisata Waecicu (4 kilometer) dengan progres 60,88 persen.

https://www.kompas.com/properti/read/2020/09/11/140806621/sambut-ktt-g20-asean-summit-jalan-menuju-tana-mori-diperlebar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke