Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangunan Terberat Dunia Ada di Rumania

Gedung ini terinspirasi dari pembangunan di Pyongyang, ketika penguasa Rumania saat itu, Nicolae Ceausescu, berkunjung ke negeri komunis ini.

Kala itu, Ceausescu terkesan dengan pembangunan di Korea Utara. Dia pun kemudian memiliki keinginan untuk membangun gedung serupa di Rumania.

Akhirnya rencana tersebut terlaksana pada masa-masa akhir pemerintahan, tepatnya pada 1984. Namun sayang, hingga kematian Nicolae, istana ini belum selesai dibangun.

Gedung ini dirancang oleh 700 orang arsitek dan selesai setelah 13 tahun pembangunan atau pada 1997.

Istana ini berdiri setinggi 86 meter dengan 12 lantai. Sedangkan panjang dan lebar istana mencapai 240 meter dan 270 meter.

Secara keseluruhan total biaya yang dihabiskan untuk membuat proyek ambisius ini mencapai 3 miliar Euro.

Bangunan terberat di dunia

Melansir situs Guiness World of Records, berat gedung ini lebih dari 4 miliar kilogram, karena dibangun dari kombinasi 700.000 ton baja dan perunggu yang dikombinasikan dengan 1 juta meter kubik marmer.

Angka-angka lain juga tak kalah luar biasa. Mengutip The Telegraph, sebanyak 3.500 ton kaca kristal serta 900.000 meter kubik kayu juga digunakan untuk membangun istana ini.

Selain itu, sebanyak 700.000 ton baja dan perunggu digunakan sebagai material pintu dan jendela istana.

Hal lain yang mencengangkan, pembangunannya melibatkan 100.000 orang. Bahkan selama proses konstruksi, diperkirakan ada ratusan orang yang meninggal.

Interiornya terdiri dari 1.100 kamar, yang sebagian besar kosong. Bahkan tagihan pemanas untuk seluruh ruangan di istana ini setara dengan biaya listrik satu kota kecil atau sebesar 6 juta dollar AS.

Di dalam istana, terdapat lebih dari 3.500 ton kristal, 480 lampu gantung, dan 1.409 lampu kecil yang menempel di langit langit.

Pada bagian bawah, terdapat delapan tingakat ruangan bawah tanah. Ruangan-ruangan tersebut dilengkapi dengan bungker nuklir yang saling terhubung dengan terowongan sepanjang 20 kilometer.

Terowongan ini menghubungkan bungker dengan gedung-gedung pemerintahan lainnya.

https://properti.kompas.com/read/2018/11/06/090000321/bangunan-terberat-dunia-ada-di-rumania-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke