BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Meikarta
Salin Artikel

Yuk… Hitung Rumus Tarif Sewa Apartemen di Cikarang!

Untuk itu, dia sepakat dengan keuntungan utama berinvestasi di sektor properti apartemen, yaitu nilai sewa dan capital gain yang terjadi akibat progres penjualan maupun pembangunan.

"Nilai sewa apartemen tiga kali lipat dari nilai sewa rumah dan ruko yang hanya tiga ampai empat persen per tahun," ujar Ratdi, Rabu (23/8/2017).

Ratdi mengambil contoh cara meraih keuntungan berinvestasi dari nilai sewa unit apartemen. Hal ini tak jauh berbeda dengan berbisnis sewa indekos.

"Kalau tiga tahun ke depan apartemen ekslusif yang Anda beli ini bisa disewakan Rp 5 juta sampai Rp 6 jutaan per bulan, berarti nilai sewa setahunnya itu Rp 60 jutaan," tutur Ratdi.

Untuk itulah, bagi Anda yang tertarik ikut ambil bagian dalam tren sewa properti, ini saatnya memantapkan rencana.

Dilansir dari Lamudi Indonesia, KompasProperti menyimpulkan ada lima tips bermanfaat untuk Anda yang punya motivasi menambah keuntungan sewa apartemen. Simak berikut ini: 

1. Menghitung biaya

Ada baiknya, langkah pertama harus Anda perhatikan adalah bersikap hati-hati saat membuat kalkulasi biaya yang mungkin perlu dikeluarkan, misalnya  mulai dari hipotek, pemeliharaan, renovasi, hingga asuransi.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kerusakan yang mungkin terjadi pada apartemen Anda selama waktu sewa. Akan tetapi, perlu diingat, bahwa total biaya yang akan Anda keluarkan itu tidak boleh lebih tinggi dari biaya sewa yang akan Anda tetapkan.

2. Renovasi

3. Cerdas beriklan

Banyak cara dan wadah untuk mengiklankan properti Anda, mulai media cetak hingga online.

Namun, dengan semakin maraknya pemakaian smartphone dalam pencarian properti saat ini, ada baiknya Anda putuskan untuk memakai jalur iklan di internet.

Mainkan kata-kata menarik dan informatif, jangan bertele-tele. Selain itu, lampirkan juga foto unit apartemen yang hendak disewakan. Iklan disertai gambar atau foto akan lebih menarik dibandingkan hanya bermain kata-kata.

Berikan juga informasi lengkap mengenai fitur properti Anda agar calon penyewa lebih tertarik. Pilih satu atau dua keunggulan untuk dijadikan sebagai “headline” iklan Anda.

4. Agen properti

Tak gampang memiliki apartemen dan mengelolanya sendiri. Jika semua Anda tangani, selain banyak makan waktu, hal itu tentu akan melelahkan.

Nah, untuk itu, jangan ragu menggunakan jasa agen properti. Memang, akan ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan atau dipotong dari uang yang akan Anda dapatkan. Tapi, bukankah selain lebih cepat dapat konsumen, cara ini akan mengurangi beban Anda?

Sebelum itu, ada baiknya periksa lebih dulu rekam jejak agen properti yang akan Anda gunakan jasanya. Pilih dan cari informasi agen properti bereputasi bagus, terpercaya, dan selalu bisa diandalkan kapan saja.

5.Lokasi strategis

Gabungan dari faktor-faktor itu dapat Anda jadikan nilai jual yang penting dalam iklan apartemen Anda. Misalnya, sejauh apa lokasi Anda dengan kawasan komersial, dengan rencana pembangunan Mass Rapid Transformasi (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) yang akan membawa perubahan harga tanah di kawasan apartemen yang Anda sewakan.

Jeli melihat peluang di kawasan tertentu harus jadi keahlian Anda kemudian. Memilih kawasan Cikarang, misalnya. Anda yang makin jenuh dengan kondisi Jakarta, bisa mencari alternatif kawasan untuk rencana berbisnis sewa apartemen.

Saat ini, salah satu rencana besar untuk Anda yang ingin memiliki apartemen di Cikarang adalah Meikarta. Sebagai kawasan kota baru yang akan tumbuh, Meikarta dapat dijadikan alternatif pilihan apartemen dari semakin sesaknya hunian di Jakarta.

Masifnya pengembangan properti yang akan melingkari Meikarta sejalan dengan pembangunan infrastruktur. Sebagai koridor timur Jakarta, Cikarang, akan dipenuhi proyek-proyek infrastruktur pendukung aksesibilitas yang dianggap menguntungkan penduduknya.

Posisi Cikarang akan sangat diuntungkan berkat pengembangan infrastruktur di koridor timur Jakarta itu, seperti rencana pembangunan dua stasiun Commuter Line Jabodetabek di Cikarang Utara.

Dua stasiun itu adalah Stasiun Lemahabang dan Cikarang yang lokasinya dekat dengan Jababeka. Selain stasiun, pemerintah juga menambah jalur kereta api.

Pemerintah saat ini tengah mengerjakan pengembangan double track  untuk commuter line dari Manggarai sampai Cikarang. Jalur kereta itu sudah dalam penyelesaian dan diharapkan tahun ini bisa tersambung ke Cikarang untuk meningkatkan akses commuter Jakarta-Cikarang dengan waktu relatif lebih cepat.

Itu belum termasuk rencana pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) dari Bekasi hingga Cikarang.

https://www.kompas.com/properti/read/2017/08/30/061100921/yuk-hitung-rumus-tarif-sewa-apartemen-di-cikarang

Bagikan artikel ini melalui
Oke