Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

247 Rumah Terjual pada REI Expo NTT

Kompas.com - 03/07/2017, 06:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KompasProperti - Sebanyak 247 rumah laku terjual pada pameran REI Expo NTT yang digelar di Lipo Plaza Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang digelar selama 9 hari mulai 23 Juni sampai 2 Juli 2017.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI), NTT Bobby Pitoby mengatakan, sebagian besar rumah yang terjual merupakan rumah subsidi.

Rinciannya sebanyak 220 unit rumah subsidi, dan 27 unit rumah komersial dengan nilai total penjualan Rp 40,2 miliar.

Angka penjualan ini meningkat jika dibandingkan dengan pameran serupa pada tahun 2016 lalu yang hanya terjual 234 unit rumah.

"Kita lihat untuk rumah menengah ke atas mengalami penurunan yang cukup drastis. Namun justru rumah murah yang meningkat secara pesat dan ini membuktikan, kebutuhan rumah subsidi di NTT masih sangat besar," kata Bobby kepada KompasProperti, Minggu (2/7/2017).

Karena itu lanjut Bobby, DPD REI NTT akan terus menggelar expo, dan mengadakan sosialisasi mengenai program pemerintah tentang rumah subsidi, sehingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mudah mengaksesnya.

Saat ini kata Bobby, REI hanya membangun rumah di 12 kabupaten dan satu kota di NTT. Dengan demikian, masih ada sembilan kabupaten yang belum mendapat giliran pembangunan perumahan.

Untuk itu, REI dalam waktu dekat, akan menjangkau semua kabupaten di NTT. Rencana pembangunan ini merupakan komitmen REI bahwa dalam dua tahun ini akan masuk ke 22 kabupaten dan 1 kota di NTT.

"Kami pun sudah berkoordinasi dengan beberapa pengembang dan para bupati, terkait dengan investasi perumahan. Targetnya, dalam enam bulan ke depan, kami sudah bisa masuk ke tiga kabupaten dari sembilan kabupaten tersisa," terang Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com