Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki "Sulap" Ruang Rapat Jadi Pusat Pemantau Mudik

Kompas.com - 28/06/2017, 17:02 WIB
Haris Prahara

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Dalam upaya mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berinovasi dengan teknologi.

Salah inovasi yang dikembangkan adalah memanfaatkan Situation Room Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, yang difungsikan menjadi Pusat Pemantauan Kondisi Jalan Nasional (PPKJN).

Adapun ruang PPKJN itu sebelumnya merupakan ruang rapat yang acap kali difungsikan untuk konferensi video jarak jauh dengan para Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) seluruh Indonesia. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, PPKJN itu bermanfaat untuk mengetahui kondisi lalu lintas secara real time. Secara berkala pula kondisi itu dikoordinasikan dengan petugas di 340 Posko Siaga Sapta Taruna Bina Marga di beberapa titik ruas jalan nasional.

"Informasi arus lalu lintas dan kondisi jalan yang didapat PPKJN berasal dari CCTV milik kepolisian yang tersebar di sekitar 300 titik pos polisi pada ruas jalan nasional," ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Rabu (28/6/2017) sore.

Posko siaga tersebut berada di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan bersama dengan Korlantas Polri, Basarnas, Kementerian Kesehatan dan Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG). 

"Posko dilengkapi alat berat, material, dan operator sehingga apabila terjadi sesuatu, bisa cepat ditangani. Mudah-mudahan dengan koordinasi lebih baik kondisi mudik pun lebih baik daripada tahun lalu," kata Basuki.

Direktur Pengembangan Jaringan Jalan pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rachman Arief Dienaputra menambahkan, PPJKN tersebut tak hanya memantau jalan nasional, tetapi juga mencakup jalan tol, terutama yang sifatnya fungsional.

“Untuk di Pulau Jawa, PPJKN terkoneksi dengan Nasional Traffic Management Center Kepolisian di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sampai Bali,” ungkap Arief.

Kompas Video Begini kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com