Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Solo via Salatiga Lancar

Kompas.com - 20/06/2017, 11:01 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Hingga H-5 Lebaran, Selasa (20/6/2017) situasi arus lalu lintas di wilayah Kota Salatiga pada pukul 07.00 WIB, masih relatif lancar.

Beberapa titik kemacetan yang terjadi karena adanya pasar pagi Mremo. Para PKL menggelar dagangannya di pinggir Jalan Jendral Sudirman Salatiga.

Kasatlantas AKP Tri Wahyuningsih mengatakan, para pemudik dari arah Semarang menuju Solo disarankan melewati Jalur Tol Bawen-Salatiga.

"Hingga pagi ini tol Bawen-Salatiga masih lancar belum terjadi kepadatan arus," kata Ningsih, panggilan akrab Tri Wahyuningsih.

Selain jalan tol, pemudik juga bisa melintasi Jalan Lingkar Salatiga (JLS) dimulai dari depan Pos Pam Blotongan, berbelok ke kanan hingga tembus di Simpang Tiga Cebongan Salatiga.

"JLS pagi ini juga masih lancar. Apabila tetap masuk Kota disarankan setelah Pertigaan Kauman belok kanan ke arah jalan Osamaliki hingga tembus pertigaan ABC dan menuju Solo," sarannya.

Pantauan di exit toll Tingkir, terjadi antrean sedikit panjang namun masih lancar. Selain libur sekolah juga belum banyak aktivitas masyarakat untuk keluar rumah.

"Simpul kemacetan hanya di jalan Jendral Sudirman Pasar pagi dan Parkir dipinggir jalan kanan dan kiri bisa mempersempit jalan," ucapnya.

Berdasarkan laporan petugas yang melaksanakan Operasi Ramadniya Candi 2017 di Pos Pam dan Pelayanan hingga Senin malam, belum nampak adanya kenaikan arus mudik.

Garry Andrew Lotulung/Kompas.com BMW X3 Tim Merapah Trans-Jawa 2017 Kompas.com dan Otomania.com melintas di Jalan Tol Bawen-Salatiga yang akan difungsionalkan pada momen mudik 2017.
"Masih lancar baik di jalan Lintas Salatiga, Osamaliki dan Tol Bawen-Salatiga," imbuhnya.

Rest area bagi pemudik yang melintasi jalan arteri Salatiga, disediakan dua titik tempat istirahat dengan parkir yang luas.

Salah rest area itu berada di halaman Kantor Satlantas Polres Salatiga, Jalan Diponegoro Kota Salatiga.

Keberadaan tempat istirahat di halaman Mako Satlantas Polres Salatiga telah diinformasikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dengan memasang spanduk informasi di Pertigaan Blotongan, yakni jalur pemisah untuk yang menuju dalam kota maupun JLS Salatiga.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.
"Halaman kantor kami cukup luas bisa menampung sekitar 150 kendaraan, silahkan pemudik dapat memanfaatkannya," kata Ningsih.

Selain di halaman Kantor Satlantas Salatiga, rest area yang dipersiapkan untuk pemudik ada di Taman Kota Bendosari JLS Kelurahan Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga Prasetyo Ichtiarto mengatakan, fasilitas pendukung yang ada di rest area Taman Kota Bendosari di antaranya toilet umum, posko pelayanan, hingga gerai kuliner maupun oleh-oleh khas Kota Salatiga.

"JLS merupakan titik lelah para pemudik dan perempatan Kumpulrejo adalah titik rawan kecelakaan. Maka dari itu kita siapkan res area di Taman Kota Bendosari karena letaknya strategis," kata Ichtiarto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com