Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kenyamanan Pemudik, Pemkab Kendal Bangun "Rest Area" dan Pospam

Kompas.com - 11/06/2017, 01:01 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal Jawa Tengah, akan membuat satu tempat istirahat atau rest area, pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2017. Rest area itu, ditempatkan di terminal Bahurekso Weleri Kendal.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kendal, M Toha, selain rest area di terminal Bahurekso itu, akan dibangun juga 30 Pos Pengamanan (Pospam) yang akan dijaga oleh tim gabungan dari Polres, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Pramuka dan lainnya.

“Kalau tahun kemarin, ada tukang pijatnya. Tapi tahun ini masih kita rencanakan. Semoga juga ada,” kata Toha, Sabtu (10/6/2017).

Toha mengatakan, semua ini dilakukan agar pemudik yang lewat Pantura Kendal, merasa aman dan nyaman.

Terkait dengan hal itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy S, menambahkan sebaiknya pemudik memanfaatkan rest area dan Pospam yang ada di Pantura Kendal, untuk istirahat.

Hal ini dapat meminimalisasi, dan menghindari kecelakaan. 

“Kecelakaan itu terjadi, disebabkan human error. Salah satunya karena pengguna kendaraan ngantuk atau capek, “ kata Edy.

Edy menjelaskan, ada beberapa titik di Pantura Kendal yang rawan kecelakaan dan macet. Untuk rawan kecelakaan, di antaranya di jalan Pantura Brangsong dan Sumberjo Kaliwungu, sedang yang rawan macet ada di Cepiring.

“Pemudik harus hati-hati. Jangan ngebut dan taati aturan lalu lintas,“ harapnya.

Selain 30 Pospam yang ada di Pantura Kendal, tambah Edy, juga ada Pospam pembantu di Sukorejo dan Boja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com