Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedatangan Pemudik di Pelabuhan Kendal, Diprediksi Naik 5 Persen

Kompas.com - 08/06/2017, 18:30 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Pemudik yang datang melalui pelabuhan Tanjung Kendal di Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, diperkirakan naik minimal 5 persen.

Hal ini disebabkan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang banjir, sehingga penumpang lebih memilih kapal yang berlabuh di Tanjung Kendal.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kendal, M Toha, jumlah pemudik yang tiba di pelabuhan Tanjung Kendal, ada sekitar 1.500 orang. Mereka datang dari Kumai Kalimantan.

“Pelabuhan Tanjung Kendal, kondisinya sangat baik, tidak terkena air rob, sehingga penumpangnya nyaman,” kata Toha kepada KompasProperti, Kamis (08/6/2017).

Toha menjelaskan, pemudik yang datang lewat pelabuhan Tanjung Kendal, tidak hanya berasal dari Kendal, tapi banyak juga yang berasal dari Kebumen, Temanggung, Demak, Kudus dan lainnya.

“Mereka naik kapal Kali Bodri, “ ujarnya.

Toha mengungkapkan, Dishub Kabupaten Kendal sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Damri untuk menyiapkan angkutan yang disesuaikan jadwalnya dengan kedatangan kapal.

“Kalau busnya kurang, kami nanti tinggal menelepon,“ tambahnya.

Toha menjelaskan, pada H-7 hingga H+7 lebaran, Dishub Kabupaten Kendal akan menempatkan 10 petugas ditambah 15 petugas lain dari Dinas Kesehatan dan Polres Kendal.

“Di pelabuhan juga ada ruang khusus untuk penumpang yang sakit dan juga disediakan 1 mobil ambulan,“ kata dia.

Kapal Kali Bodri sendiri memiliki kapasitas 400 orang, 42 unit kendaraan, dengan rincian 18 unit kendaraan besar sejenis truk dan 24 unit kendaraan kecil sejenis sedan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com