Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Mal Sambut Positif JAConnexion

Kompas.com - 31/05/2017, 06:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Layanan Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion) mulai beroperasi Selasa (30/5/2017).

Calon penumpang dapat menggunakan layanan berupa bus tersebut menuju Bandara Soekarno-Hatta dari sejumlah hotel dan mal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Terkait hal tersebut, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayah mengaku senang dan menyambut positif JAConexion.

"Saya kira itu hal yang bagus karena memudahkan masyarakat yang mau bepergian. Saya berharap lebih banyak lagi pusat belanja yang menjadi tempat pemberhentian bisnya," ujar Ellen menjawab KompasProperti

Ia mengatakan, beberapa pusat belanja yang sudah ditunjuk sebagai tempat naik-turunnya penumpang murni menjadi kerja sama pemerintah dengan pusat belanja itu sendiri.

Artinya, kesepakatan ini tidak dilakukan melalui APPBI. Meski demikian, Ellen menuturkan bakal mencari tahu apakah dengan adanya JAConexion ini memengaruhi jumlah pengunjung di mal tersebut.

"Kalau busnya penuh, saya pikir itu pertanda positif, ya. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, menghindari kemacetan, tinggal ke mal, langsung berangkat ke Bandara," kata Ellen.

Bus JAConnexion melayani rute ke Bandara Soekarno-Hatta dari 15 hotel di seputar Jabodetabek.

Hotel itu antara lain Hotel Borobudur, Alila, Luminor, Sari Pan Pacific, Aryaduta, Grand Cemara, Ibis Tamarin, Milenium, Grand Sahid Jaya , Hotel Ascot, Hotel Amaris Thamrin City, Hotel Aston Sentul City, Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang dan BTM Bogor.
 
Selain itu, bus JAConnexion juga melayani rute dari tujuh kawasan mal yaitu dari Taman Anggrek, Plaza Senayan, ITC Cempaka Mas, Mal Kelapa Gading, Thamrin City dan Tanah Abang, BTM Bogor dan Grand Indonesia.

Layanan yang diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan menggandeng tiga operator bus itu melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel dan mal serta sebaliknya.

Saat ini terdapat 91 bus JAConnexion yang melayani rute-rute tersebut. JAConnexion ini dinyatakan sebagai bagian dari Bus Rapid Transit (BRT) yang merupakan suatu keharusan bagi Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com