Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Perdana PT Timah Berada di Area Rawan Banjir

Kompas.com - 29/04/2017, 19:26 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BEKASI TIMUR, KompasProperti - Tak mau kalah dengan BUMN lain yang sudah lebih dulu terjun di sektor properti, PT Timah (Persero) Tbk (TISN) mengembangkan kawasan terpadu Familia Urban yang berlokasi di Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi Timur.

Hanya, proyek perdana perusahaan pelat merah melalui PT Timah Persada Properti ini berada di lokasi rawan banjir. 

Oleh karena itu, Camat Mustika Jaya Aty Rostaty berharap, PT Timah membangun polder untuk mengendalikan banjir.

"Sebelumnya, langganan banjir di sini. Mudah-mudahan polder bisa mengurangi juga," ujar Aty di lokasi proyek kepada KompasProperti, Sabtu (29/4/2017).

Pada musim penghujan, beberapa titik di Mustika Jaya seringkali terendam banjir sehingga ia mengharapkan polder yang dibangun PT Timah Persada Properti dapat berdampak positif.

Selama ini, kata Aty, titik terparah yang pernah dilanda banjir adalah di Perumahan Mutiara Gading Timur (MGT) karena menjadi pertemuan aliran air dari hulu.

"Kedalaman banjir bisa 50 centimeter, apalagi kalau hujannya deras dari hulu. Kadang di sini tidak hujan, tapi terkena air limpasan," sebut Aty.

Ia menambahkan, upaya yang telah dilakukan antara lain memperbaiki dan memperdalam polder di beberapa titik, termasuk di MGT dan Perumahan Alamanda.

Di Familia Urban, kata Aty, PT Timah Persada Properti sudah menyiapkan tiga polder. Ia mengaku sudah melihatnya di beberapa titik.

Dengan polder tersebut, Aty meyakini, air yang tadinya tersebar saat hujan dan menyebabkan banjir, bisa tertampung di dalam polder.

"Perumahan ini akan dibangun di lahan 176 hektar, 4,5 hektar untuk poldernya dan akan jadi area rekreasi," tutur Aty.

Proyek perdana

Familia Urban merupakan proyek perdana PT Timah Persada Properti. Mereka berencan mengalokasikan 70 persen lahannya untuk perumahan.

Tahap awal pembangunan adalah 3 klaster dengan 670 unit rumah yang terbagi atas beberapa tipe, yaitu 36/72, 40/72, 45/90, 60/120, 60/90, dan 69/120. Harganya dibanderol mulai Rp 380 juta hingga Rp 800 juta.

Menurut Manager Realty Familia Urban, Chrishandono, tahap pertama pembangunan dimulai pada Mei 2017. Sedangkan serah terima ditargetkan pada November-Desember tahun ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com