Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok: Desain Reklamasi Bukan dari Saya

Kompas.com - 13/04/2017, 11:37 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta nomor 3 Anies Baswedan bertanya kepada cagub petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait desain pulau reklamasi.

Menurut Anies, jika dibandingkan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 52 tahun 1995, desain pulau reklamasi di Teluk Jakarta saat ini berbeda.

Ahok menjawab, bukan dia yang merancang desain pulau rekayasa tersebut.

"Gambar peta reklamasi bukan dari saya. Semua desain dulu 18 pulau, satu setengah pulau dipotong karena kena arus air panas PLTU," jelas Ahok dalam Debat Final Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Terkait sertifikat pulau hasil reklamasi yang juga ditanyakan Anies, Ahok memastikan nantinya akan menjadi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Kemudian Ahok menambahkan dari seluruh pulau yang dibangun, hampir 48 persen akan digunakan untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial (fasum/fasos).

"Lalu apa lagi, 5 persen dari tanah yang bisa dijual oleh pengembang ini boleh dipakai untuk nelayan lagi, untuk masyarakat," kata Ahok.

Sebanyak 15 persen dari tanah yang dijual sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) akan digunakan untuk pembangunan.

Dengan demikian, menurut perhitungan Ahok, DKI Jakarta akan mendapatkan Rp 158 triliun dalam 10 tahun. Uang ini didapat hanya dari reklamasi.

"Lalu kita bisa selesaikan semua konsep nelayan semua tanggul (Jakarta) Utara termasuk LRT (light rail transit) yang akan kita bangun. Jadi mau apa lagi? manfaat untuk rakyat dari reklamasi ini," sebut Ahok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com