Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 3 Tahun, Jakarta Tambah 2 Mal Baru

Kompas.com - 07/04/2017, 15:10 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kendati pada kuartal I-2017, belum ada tanda-tanda kenaikan tingkat serapan, namun dalam tiga tahun ke depan Jakarta bakal menambah dua pusat belanja baru.

Dua mal tersebut adalah AEON Mall di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, dan Pondok Indah Mall 3 di Jakarta Selatan.

Berdasarkan hasil riset Jones Lang LaSalle (JLL) "Jakarta Property Market Update" penyerapan pada tiga bulan pertama tahun ini memang cukup rendah.

"Ini disebabkan pasokan ruang yang tidak bertambah," ujar Head of Research James Taylor saat paparan riset di kantornya, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Untuk tahun-tahun ke depan, kata James, tingkat okupanasi diperkirakan tinggi dan stabil di atas angka 90 persen.

Permintaan di pasar ritel masih didominasi oleh sektor layanan makanan dan minuman atau food and beverage (F&B). Selain itu, permintaan tinggi juga datang dari tenan di bidang kosmetik dan hiburan.

Sedangkan untuk permintaan yang moderat datang dari tenan di bidang fast fashion, elektronik, serta peralatan rumah tangga.

Terakhir, untuk bidang perhiasan mewah dan fashion permintaan ruang mulai berkurang.

"Pasokan diperkirakan akan bertambah tahun ini 97.000 meter persegi dan pada 2019 seluas 50.000 meter persegi," kata James.

Secara keseluruhan, penyerapan ruang pada kuartal I ini adalah 1.100 meter persegi dengan total stok yang ada 2,8 juta meter persegi.

Rata-rata sewanya Rp 498.622 per meter persegi dengan kenaikan sewa premium 3 persen dari kuartal sebelumnya. Harga sewa ini, diprediksi bakal meningkat setiap tahunnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com