Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Fakta Menakjubkan Rumah Bill Gates (II)

Kompas.com - 24/03/2017, 17:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

WASHINGTON, KompasProperti - Majalah Forbes baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di dunia. Pendiri Microsoft Bill Gates kembali menjadi pemuncak 2017 untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Hal itu disebabkan kenaikan asetnya dari 75 miliar dollar Amerika Serikat (AS) pada 2016 menjadi 86 miliar dollar AS pada tahun ini.

Sebagai orang paling kaya di kolong langit, bukan perkara mengejutkan jika Bill Gates memiliki rumah dengan harga dan fasilitas yang fantastis.

Gates memerlukan waktu tujuh tahun dan biaya 63 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 839,7 miliar untuk membangun rumahnya yang dia namakan "Xanadu 2.0" di Medina, kawasan perumahan elite Washington.

Berada di atas lahan seluas 6.131 meter persegi, "Xanadu 2.0" merupakan rumah yang amat besar dan berisikan banyak hal dengan teknologi tinggi.

Berikut ini bagian kedua dari dua tulisan tentang 16 fakta yang ada di Xanadu 2.0 milik Bill Gates.

Bagian pertama bisa diklik di sini.

9. Terdapat 24 kamar mandi yang 10 di antaranya kamar mandi lengkap

Kamar mandi sebanyak itu akan sangat berguna ketika Gates mengadakan sebuah pesta yang sangat besar. Jika tidak, maka keberadaannya nampak seperti sebuah kesia-siaan.

10. Ada 10 dapur

Dapur-dapur tersebut berada di tiap bagian berbeda di rumah, jadi staf Gates akan siap kapan pun untuk acara-acara tertentu.

11. Terdapat perpustakaan besar

Perpusatakaan seluas 640 meter persegi beratap kubah dan dua rak buku rahasia, termasuk satu yang menyembulkan sebuah bar tersembunyi.

Perpustakaan itu juga menjadi tempat diletakkannya Codex Leicester, sebuah manuskrip abad 16 milik Leonardo Da Vinci yang Gates dapat dari pelelangan.

Harga manuskrip ini 30,8 juta dollar AS atau senilai Rp 410 miliar pada 1994 silam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com