Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek Tuntas 2018

Kompas.com - 19/03/2017, 17:54 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated (tol layang) sudah dimulai.

Saat ini, pengerjaannya dalam tahap pelebaran jalan kiri dan kanan Tol Jakarta-Cikampek eksisting supaya tidak mengganggu lalu lintas. Tol ini ditargetkan dapat beroperasi 2019.

"Selesainya 2018 mungkin Agustus," ujar Direktur Operasional PT Waskita Karya (persero) Tbk Nyoman Wirya Adnyana usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jumat (17/3/2017).

Nyoman mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan pelebaran pada 6 titik di Tol Jakarta-Cikampek eksisting. Setelah dilebarkan, pengerjaan akan dilakukan di tengah tol tersebut.

Dalam pembangunan tol ini, kebutuhan beton dipasok dari anak usaha Waskita, PT Waskita Beton Precast Tbk, sedangkan pengadaan rangka ditunjang oleh PT Bukaka Teknik Utama Tbk.

Proyek ini merupakan hasil kerja sama Waskita dengan PT Acset Indonusa Tbk (ACSET) (KSO Waskita-Acset) bersama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek dengan nilai Rp 13,5 trliun.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated didesain sepanjang 38,6 kilometer. Dalam kerja sama ini, porsi Waskita adalah 51 persen dan mengerjakan ruas dari Cikunir hingga Cikarang sepanjang 19,7 kilometer.

Adapun ACSET 49 persen dan mengerjakan ruas dari Cikarang hingga Karawang sepanjang 18,9 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com