Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39 Kelurahan Kumuh di Papua Bakal Dibenahi

Kompas.com - 06/03/2017, 10:01 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya merealisasikan program bernama Kota Tanpa Kumuh yang disingkat Kotaku.

Program ini fokus pada pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh dengan meningkatkan peran masyarakat dan pemerintah daerah.

Di Papua, pemerintah menyasar sebanyak 39 kelurahan yang akan dibenahi dengan biaya Rp 3 miliar.

"Ada program Kotaku yang dilakukan berbasis masyarakat. Kami libatkan masyarakat untuk membenahi kota mereka sendiri," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Diskusi Media "Visi Indonesia Sentris Pemerataan di Papua", di Jakarta, Minggu (5/3/2017).

Kelurahan-kelurahan di Papua yang akan mengikuti program ini seluruhnya berada di Kota Jayapura dengan luas lahan masing-masing berkisar 1-3 hektar.

Rinciannya, 11 kelurahan di Kecamatan Abepura, 5 kelurahan di Kecamatan Heram, dan 7 kelurahan di Kecamatan Jayapura Selatan.

Selain itu, Kotaku juga akan dijalankan di 8 kelurahan di Kecamatan Jayapura Utara dan 8 kelurahan di Kecamatan Muara Tami.

Ada 5 komponen kegiatan yang akan berlangsung dalam program tersebut, yakni antara lain perbaikan saluran dan pembangunan tempat penampungan sampah.

Komponen lainnya adalah pembangunan jalan lingkungan, penanggulangan kebakaran (jalur evakuasi), dan ruang terbuka hijau (RTH).

Dananya sendiri disalurkan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang memiliki akta notaris dan didampingi oleh fasilitator kelurahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com