Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Pembayaran Ganti Rugi Tol Cijago

Kompas.com - 02/03/2017, 23:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pembayaran ganti rugi lahan untuk pembangunan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) akan dilaksanakan pada Jumat (3/3/2017), pukul 10.00 WIB, di Kantor Pertanahan Kota Depok, Jawa Barat. 

Kepala Sub Direktorat Lahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Srisadono menuturkan dana yang akan dibayarkan besok pagi senilai Rp 37,129 miliar untuk luas 3.274 meter persegi dalam 12 bidang.

"Pembayaran ganti rugi ini belum semua tuntas. Masih ada sisa 80 bidang lagi atau sekitar 4,85 persen, dan 1,7 hektar atau 3,08 persen," ujar Srisadono kepada KompasProperti, Kamis (2//3/2017).

Dia mengharapkan, pembayaran ganti rugi sisa lahan ini dilakukan secepatnya, agar pembangunan Tol Cijago berjalan sesuai rencana.

Jalan Tol Cijago yang membentang dari Cimanggis hingga Cinere sepanjang 14,6 kilometer merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang lebih dari 110 kilometer yang melingkar dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga Tanjung Priok. 

Jaringan Jalan Tol JORR II merupakan lingkaran kedua dari jaringan JORR. Jalan Tol Cijago akan menghubungkan wilayah barat Jakarta dengan wilayah Tangerang yang kemudian dilanjutkan dari simpang susun di Kunciran ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sepanjang 55,73 kilometer. 

Di sebelah timur, Jalan Tol Cijago akan tersambung dengan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (Tol Jakarta-Cikampek) sepanjang 25,4 kilometer dan berakhir di Tanjung Priok melalui ruas Cilincing-Cibitung sepanjang 34 kilometer.

Itu artinya jaringan jalan Tol JORR II menjadi penghubung yang sangat strategis bagi kelancaran transportasi dari arah barat atau Jalan Tol Trans Sumatra ke timur (Jalan Tol Trans-Jawa).

Dengan Jalan Tol JORR II, akan tersedia kemudahan akses dari dan menuju Pelabuhan Laut dan Udara, serta kelancaran arus transportasi dari Barat ke Timur mengingat kapasitas JORR I sudah mencapai titik jenuh.


 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com