Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Apartemen untuk Ekspatriat, Jakarta Peringkat Ke-11 Se-Asia

Kompas.com - 08/02/2017, 10:58 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KompasProperti - Berdasarkan penelitian ECA International terhadap tingkat akomodasi yang biasa disewa oleh ekspatriat pada 2017, Jakarta menempati peringkat 11.

Peringkat ini turun dari survei sebelumnya yang menempatkan ibu kota Indonesia pada posisi 10 sebagai lokasi paling mahal untuk akomodasi high-end di Asia.

Sementara Singapura berada di posisi ketujuh yang berarti jatuh dari posisi keempat dibandingkan tahun lalu.

Ini adalah salah satu temuan dari Survei Akomodasi terbaru yang diterbitkan oleh ECA International, penyedia informasi dan perangkat lunak untuk manajemen dan penugasan karyawan di seluruh dunia.

ECA International telah melakukan penelitian terkait akomodasi selama lebih dari 20 tahun untuk membantu perusahaan memberikan pilihan perumahan yang tepat sebagai bagian dari keseluruhan paket kompensasi bagi karyawan ekspatriat.

Survei tersebut membandingkan akomodasi yang biasa disewa oleh staf asing di lebih dari 230 lokasi di seluruh dunia.

Sewa untuk apartemen tiga kamar tidur tanpa perabotan di lingkungan ekspatriat populer di Singapura rata-rata 4.535 dollar AS (Rp 60,4 juta) per bulan. Meskipun sejak 2012, sewa rata-rata di Singapura telah menurun secara signifikan.

"Ada beberapa faktor yang berperan di sini. Pertama, angka ekspatriat di Singapura telah stabil, yang kemudian menurunkan permintaan sewa properti di lingkungan ekspatriat populer," kata Regional Director, ECA International Lee Quane.

Faktor selanjutnya, peningkatan jaringan transportasi menyebabkan perpindahan lokasi favorit dari area historis populer seperti Distrik 9-11 ke lokasi yang lebih murah.

Singapura juga telah menerima perwakilan lebih banyak dari negara-negara lain, seperti China, Malaysia, Taiwan, dan Thailand, yang anggaran perumahannya cenderung lebih rendah.

Faktor-faktor yang dikombinasikan dengan peningkatan pasokan properti di pasar ini menyebabkan tuan tanah untuk merespons dengan mengurangi harga sewa.

Hong Kong Land Exchange Square, Phnom Penh, Kamboja.
Hongkong posisi teratas

Lokasi atau kota yang paling mahal di Asia untuk akomodasi high-end masih dipegang oleh Hongkong.

Sewa untuk apartemen tiga kamar tidur tanpa perabotan di lingkungan ekspatriat populer rata-rata 10.189 dollar AS (Rp 135,7 juta) per bulan.

"Selama lima tahun terakhir, Hongkong terus merajai peringkat regional kami," kata Quane.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com