Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Penggunaan Transportasi Publik, Pemprov Jakarta Gaet TRAFI

Kompas.com - 01/02/2017, 13:49 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Aplikasi informasi transportasi TRAFI telah sah menjadi mitra resmi Jakarta Smart City dan Transjakarta.

Hal itu dilakukan guna mengakomodasi semakin banyaknya warga Jakarta yang beralih menggunakan transportasi publik seiring dengan perkembangan teknologi.

Kerja sama TRAFI dengan dua lembaga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tersebut sejatinya sudah dimulai setahun lalu sehingga pengumuman ini membuat kerja sama itu masuk ke tingkat yang lebih strategis lagi.

"Kami merasa terhormat telah ditunjuk sebagai mitra bagi Jakarta Smart City dan aplikasi pendukung untuk Transjakarta," kata Country Manager TRAFI Indonesia Dimas Dwilasetio, di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Bersama dengan Jakarta Smart City, TRAFI akan berkolaborasi dalam hal data sharing untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan Jakarta lebih lanjut.

"Hadirnya TRAFI diharapkan dapat mewujudkan konsep Smart Mobility yang menjadi salah satu dari 6 pilar Jakarta Smart City, di mana warga dapat dengan mudah mengakses transportasi publik khususnya Transjakarta," imbuh Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Setiaji.

Sedangkan bersama Transjakarta, TRAFI akan bekerja sama dalam pengembangan sistem teknologi dan operasional.

Selain itu, juga pengembangan jadwal informasi penumpang di halte Transjakarta yang menampilkan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara real time.

TRAFI yang diklaim sebagai aplikasi pemberi informasi transportasi publik paling akurat di dunia saat ini sudah ada di 9 negara dan 35 kota di seluruh dunia.

Selain memberikan informasi untuk TransJakarta dan KRL, TRAFI saat ini telah memperluas cakupannya ke lebih dari 500 rute angkot, shuttle bandara, metromini dan bus-bus besar.

TRAFI juga secara teratur memperbarui informasi transportasi umum dan baru-baru ini menambah beberapa operator jaringan bus di Jabodetabek dan bahkan hingga ke ojek serta taksi daring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com