Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Indonesia Sediakan Lapak untuk Perajin Lokal

Kompas.com - 31/01/2017, 11:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Tangerang, KompasProperti — IKEA Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

Bentuk kerja sama ini adalah IKEA memberikan ruang bagi sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan YDBA. Tempat khusus yang disediakan IKEA ini dinamakan Teras Indonesia.

"Intinya begini, produk UKM binaan bisa dipamerkan dan dijual di situ (Teras Indonesia)," ujar General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee, di IKEA, Alam Sutera, Tangerang, Senin (30/1/2017).

Selain menyediakan lapak bagi UKM, IKEA juga memberi pelatihan dasar.

Pelatihan ini, kata Mark, bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para UKM terkait dunia ritel, misalnya menentukan harga, pemasaran, dan memajang produk.

Arimbi Ramadhiani Salah satu produk Indonesia yang dipasarkan di IKEA seluruh dunia. Gambar diambil Senin (30/1/2017).

Sepanjang 2017, Teras Indonesia akan digunakan untuk melakukan kegiatan pameran ataupun berjualan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pertama setiap bulannya.

Produk yang ditampilkan peserta pameran akan mengikuti tema toko IKEA setiap bulannya.

"Kami mengajak masyarakat dengan bangga membeli produk buatan Indonesia yang terbukti memiliki kualitas baik serta ramah lingkungan dengan harga terjangkau," imbuh Mark.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus YDBA Henry Widjaja mengatakan telah mempersiapkan calon-calon pengusaha yang akan mengisi Teras Indonesia.

Menurut dia, ada 30 UKM yang telah ditunjuk oleh YDBA. Namun, pada praktiknya nanti, Henry mengaku menyerahkan kepada IKEA jika ingin menyeleksi kembali atau mengatur giliran di Teras Indonesia.

"Kami akan suplai keahlian manufacturing-nya. Insya Allah mereka bisa mengikuti standar IKEA," kata Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com