Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keuntungan Menyewa Gedung Perkantoran Dibanding Ruko

Kompas.com - 23/01/2017, 12:39 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak perbedaan menyewa atau memiliki ruang di gedung perkantoran dibanding di rumah toko (ruko).

Bekerja di gedung perkantoran diniai lebih banyak menguntungkannya ketimbang di ruko. Pasalnya, ruko selain digunakan untuk bekerja juga sebagai tempat tinggal dan itu bukan merupakan syarat tempat bekerja yang layak.

"Sebaiknya work, life, dan play itu berdekatan. Kalau rumah itu kan area privat jadi nggak bisa sekaligus dijadikan tempat bekerja. Tapi yang penting itu harus berdekatan dengan tempat tinggal," kata CEO Leads Property Hendra Hartono, Sabtu (21/1/2017).

Ada pun keunggulan bekerja di gedung perkantoran dibandingkan ruko yang pertama adalah lokasi.

Gedung perkantoran vertikal dibangun di lokasi prima dengan kondisi jalan lebar. Sementara jika di ruko, Hendra menyatakan meski ada beberapa yang berada di jalan utama, tetapi biasanya dibuat agak ke dalam sehingga kurang strategis.

Kemudian yang kedua, dengan bekerja di gedung perkantoran akan merasa lebih privat lantaran semuanya bekerja atau melakukan pekerjaan hampir sama di satu lokasi.

Berbeda dengan di ruko yang kerap terganggu karena adanya usaha atau bisnis tetangga seperti cuci baju (laundry) atau toko material.

"Ketiga, bekerja di gedung perkantoran lebih prestis dan keamanannya jauh lebih tinggi karena ada sistem keamanan tetintegrasi yang membuatnya terjamin," tambah Hendra.

Berikutnya adalah keberadaan lahan parkir. Di ruko, hal tersebut menjadi isu utama karena kebanyakan pengembang ruko hanya menyediakan parkir untuk tamu sementara karyawan tidak cukup leluasa untuk memarkir kendaraannya.

Selanjutnya yang kelima adalah soal investasi yang jauh lebih mudah untuk dijual atau disewakan ketimbang di ruko.

Jika dapat ruang lebih besar di gedung perkantoran nantinya bisa disewakan kembali.

"Pilihan unit juga fleksibel, bisa lebih kecil atau lebih besar daripada ruko yang rata-rata 300 meter persegi," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com