Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Samasta Lifestyle Village" Definisi Baru Pusat Gaya Hidup

Kompas.com - 13/01/2017, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Siapa tak kenal reputasi PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) dalam mengembangkan dan mengelola fasilitas ritel? 

Pertanyaan ini mungkin hanya retoris ketika kita dihadapkan pada fakta sejumlah destinasi belanja dan hiburan macam Summarecon Mal Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, dan Summarecon Bekasi, yang mendulang kunjungan sekitar 100.000 hingga 150.000 orang per hari.

SMRA tercatat memiliki rekam jejak positif dalam pengembangan, dan pengelolaan ruang ritel. Tingkat okupansi selalu nyaris 100 persen.

Bahkan, banyak peritel yang rela antre dalam daftar tunggu hanya untuk mengisi ruang-ruang ritel SMRA.

Tak ayal, menurut Direktur Utama SMRA Adrianto P Adhi, kontribusi ruang ritel masih dominan dalam perolehan pendapatan berkelanjutan (recurring income) perseroan.

"Dari total 26 persen recurring income, sekitar 23 persen di antaranya disumbang dari ruang ritel," ungkap Adrianto kepada Kompas.com, usai peresmian Mövenpick Resort & Spa Jimbaran Bali, Kamis (12/1/2017). 

Kini pengalaman panjang SMRA dibawa ke Jimbaran, Bali. Mereka memperkenalkan konsep baru destinasi belanja sekaligus pusat gaya hidup bertajuk "Samasta Lifestyle Village".

Fasilitas ritel tersebut dirancang seluas 7.000 meter persegi dengan desain terbuka (open air) bermahzab arsitektural tropis khas Bali. 

"Ini konsep pertama yang dikembangkan di Bali, dan belum pernah ada sebelumnya," sebut Direktur Utama PT Permata Jimbaran Agung (anak usaha SMRA), Soegianto Nagaria.

Dokumentasi Summarecon Agung Samasta Lifestyle Village
Kendati baru, tambah dia, pihaknya menerjemahkan konsep "Samasta Lifestyle Village" secara presisi, baik dalam hal detail pengerjaan fisik bangunan beserta ruang terbukanya maupun kualitas layanan dan pengelolaan. 

Untuk mewujudkan konsep tersebut, SMRA mengalokasikan dana senilai Rp 50 miliar dengan proyeksi payback periode 8 tahun.

Sejak dibuka untuk publik pada 28 September 2016 lalu, "Samasta Lifestyle Village" telah diisi oleh 18 peritel (tenant) yang terdiri dari peritel makanan, minuman, busana, dan kebutuhan sehari-hari.

Di antaranya gerai Krisna, supermarket Sereh, Fish & Co, Warung Wahahah, Tanamera Coffee, Gaya Gelato, Spa, Above Eleven, Gaya Gelato, Noh by Pison, dan Barrels by Javanegra.

"Sambutan wisatawan sangat baik. Mereka menganggap ini sebagai tempat nongkrong baru. Hub gaya hidup baru Jimbaran," sebut Soegianto.

"Samasta Lifestyle Village" terintegrasi dengan Mövenpick Resort & Spa Jimbaran Bali. Ini merupakan hotel perdana Mövenpick Hotels & Resorts di Indonesia. 

Berisi 297 kamar dengan fitur kolam renang bergaya pantai, dan mini-olympic, klub bermain anak-anak Meera, fasilitas kebugaran, dan spa yang bakal beroperasi April 2017.

Dokumentasi Summarecon Agung Samasta Lifestyle Village

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com