Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung Podomoro dan Samsung Berkolaborasi Kembangkan "Smart Home"

Kompas.com - 10/01/2017, 16:01 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Digitalisasi yang terjadi di semua lini kehidupan memotivasi dua perusahaan besar di bidangnya, Samsung Electronics Indonesia dan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menjalin kerja sama strategis.

Kerja sama yang nota kesepahamannya diteken Presiden Samsung Electronics Indonesia Kwon Jae Hoon dan Direktur Utama APLN Cosmas Batubara ini berupa pengadaan produk, dan pengembangan sistem yang mendukung konsep internet of tings (IOT) yang terintegrasi dengan fitur rumah pintar (smart home). 

Menurut Wakil Direktur Utama APLN Indra W Antono, kerja sama dilakukan atas dua platform industri trade mall (TM), dan residensial.

"Penghuni residensial nantinya dapat menikmati layanan teknologi rumah pintar yang mana operasional peralatan rumah tangga atau home appliance sehari-hari terintegrasi dengan jaringan internet," jelas Indra kepada Kompas.com, Selasa (10/1/2017). 

Dia menambahkan, kontrol atas operasionalisasi home appliance tersebut dilakukan melalui berbagai peralatan gawai dan ponsel pintar. 

Sementara untuk platform pengembangan TM, Samsung menyepakati penyediaan gerai atau concept store melalui distributor yang ditunjuk. 

Wakil Presiden Samsung Electronics Indonesia Lee Kang Hyun menambahkan, Samsung juga menyediakan barang-barang elektronik, dan gawai dengan harga lebih miring di residensial-residensial yang dikembangkan APLN.

"Ada banyak ragam produk yang kami tawarkan, AC, TV, kulkas, mesin cuci, gawai, dan lain sebagainya melalui opsi APLN yang dilakukan secara business to business. Demikian halnya di TM-TM, juga secara B2B," tutur Lee.

Untuk tahap selanjutnya, imbuh Lee, Samsung berharap konsep IOT yang terintegrasi dengan fitur smart home dapat diimplementasikan secara menyeluruh di residensial-residensial dan TM APLN.

Indra menimpali, konsep IOT akan diimplementasikan di Podomoro Golf View Cimanggis. Untuk tahap awal, yang dikembangkan adalah fitur keamanan dan keselamatan atau safe and security.

Menyusul kemudian di Madison Park, Grand Madison, dan beberapa proyek residensial lainnya di Medan, Balikpapan, dan Batam.

Sementara untuk platform TM, APLN membuka kesempatan berdirinya gerai atau concept store Samsung di TM Harco Glodok, TM Kenari, TM Lindeteves, TM Blok A Tanah Abang, dan TM-TM lainnya yang sudah beroperasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com