Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara San Francisco Atasi Masalah Tunawisma

Kompas.com - 13/12/2016, 15:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Kota San Francisco di Amerika Serikat (AS) saat ini diketahui memiliki lebih dari tujuh ribu tunawisma. Karena itu dibutuhkan hunian yang terjangkau buat mereka.

Untungnya, pengembang lokal bernama Panoramic Interest telah mengembangkan kapsul apartemen kecil yang dapat disusun guna mengatasi masalah tunawisma tersebut.

Direktur Eksekutif Panoramic Interest Patrick Kennedy mengatakan, inovasi hunian berupa kontainer pengiriman menjadi sebuah kapsul apartemen merupakan solusi yang sangat terjangkau.

Kapsul yang dinamai MicroPADs ini dirancang seluas 14,8 meter persegi untuk tiap unitnya termasuk sebuah kasur, kamar mandi, shower, area penyimpanan, dan meja kerja.

Selena Larson/CNN MicroPAD juga memiliki dapur dan kamar mandi shower lengkap.

Menurut Kennedy, apartemen mikro ini bisa dibangun dalam waktu seminggu dan dalam kurun waktu beberapa bulan bisa dikombinasikan menjadi sebuah bangunan yang terdiri dari 200 unit MicroPADs.

Kennedy menunjukkan bahwa MicroPADs menyerupai kontainer pengiriman yang benar-benar tinggi dan dengan penguatan baja termasuk penyegelan akan mencegahnya dari kebocoran atau hama yang masuk ke dalam.

"Kami telah melihat kehidupan jalanan dan keputusasaan yang muncul di kota kami bagi mereka yang tidak bisa menemukan tempat tinggal. Kami telah memutuskan untuk melakukan sesuatu tentang itu dan memanfaatkan efisiensi dan modal dari sektor swasta dengan tujuan sektor publik," ungkap Kennedy.

Selena Larson/CNN Kasur di dalam MicroPAD bisa dilipat ketika ada tamu datang.

Panoramic Interest berharap bisa membangun struktur MicroPADs pertama mereka di sebuah area parkir berupa hunian setinggi empat lantai.

Mereka berencana merampungkan keseluruhan instalasi dalam waktu empat sampai delapan bulan sebelum penyelesaian akhir.

Kepada CNN dia mengatakan, akan menyewakan MicroPADs-nya sebesar 1.000 dollar AS (Rp 13,3 juta) per bulan kepada Dewan Kota San Francisco atau grup swasta untuk mengambil alih pengembangan rumah bagi tunawisma.

Selama tiga tahun ke depan, Panoramic Interest menargetkan mampu membuat MicroPADs untuk 10.000 tunawisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com