Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPN Pekalongan Targetkan Pembuatan 1.000 Sertifikat Gratis

Kompas.com - 27/11/2016, 23:17 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menargetkan pembuatan 1.000 sertifikat melalui program operasi nasional agraria (Prona).

Baca: Penting, Mulai 2017 Sertifikasi Tanah Gratis

Koordinator Prona BPN Kota Pekalongan Tri Yudi mengatakan Prona 2017, BPN akan menyasar sembilan kelurahan di empat kecamatan.

"Saat ini, kami masih melakukan sejumlah persiapan menuju Prona 2017, antara lain melakukan sosialisasi pada warga yang belum memiliki sertifikat tanah di masing-masing kelurahan," kata Yudi, Minggu (27/11/2016).

Sembilan kelurahan tersebut adalah Padukuhan Kraton, Kali Baros, Setono, Gamer, Keradenan, Jenggot, Sokoduwet, Kuripan Yosorejo, Pringrejo.

"Adapun, kelurahan yang menerima Prona terbanyak berada di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur karena masih banyak warga yang belum memiliki sertifikat," jelas Yudi.

Menurut dia, proses pembuatan sertifikat tanah secara massal melalui Prona sudah relatif baik meski berdasar evaluasi masih ditemukan sejumlah kendala, seperti keterangan sejarah kepemilikan tanah.

Proses pengurusan sertifikat akan melalui beberapa tahap, antara lain kelengkapan syarat administrasi pengukuran, pemetaan, verifikasi, dan proses pencetakan sertifikat tanah.

"Oleh karena itu, kami berharap pada warga yag akan mengajukan permohonan sertifikat tanah melalui Prona agar mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan," katanya.

Ia menambahkan pembuatan sertifikat melalui Prona tidak dipungut biaya apa pun kecuali kelengkapan persyaratan di tingkat kelurahan dan kecamatan di luar kewenangan BPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com