Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CMNP Targetkan 52 Persen Pembayaran Tol lewat Kartu Elektronik

Kompas.com - 10/11/2016, 15:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bersama dengan operator jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mulai memberlakukan pembayaran elektronik multibank Himpunan Bank Negara (Himbara).

Selain mendukung pemerintah, upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat transaksi dan mengurangi antrean di gerbang tol. Adapun yang termasuk Himbara adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Implementasi akan dilakukan JSMR bersama dengan CMNP di Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo mulai 10 November 2016.

"Pemberlakukan kartu Himbara ini akan dilakukan secara bertahap. Sekarang program ini sudah berjalan, dan target penggunaan kartu elektronik atau e-toll ini pasti terlaksana," kata Direktur Operasi CMNP Suarmin Tioniwar, di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

CMNP merupakan perusahaan swasta yang membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Wiyoto Wiyono ruas Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit sepanjang 34 kilometer.

Ruas tol dengan 92 persen struktur layang itu merupakan sistem jaringan Tol Dalam Kota Jakarta yang dioperasikan secara terpadu di bawah pengelolaan bersama dengan JSMR.

Menurut Suarmin, saat ini hanya 24 persen pembayaran menggunakan kartu elektronik di ruas tol CMNP tersebut.

Oleh karena itu, dengan adanya sistem pembayaran kartu Himbara ini, Suarmin menargetkan kenaikan hingga 52 persen.

Pemberlakuan awal untuk implementasi pembayaran elektronik multibank ini sendiri baru akan ada di Gerbang Tol (GT) Halim, GT Cililitan, GT Kapuk, GT Cengkareng (khusus GTO), GT Tanjung Priok 1, dan GT Tanjung Priok 2.

Pada implementasi awal ini, baru kendaraan golongan satu saja yang bisa menggunakan sistem pembayaran elektronik multibank Himbara ini.

Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR nomor 507/KPTS/2015 dan 783/KPTS/2016, tarif tol golongan satu di GT Halim, GT Cililitan, dan GT Priok 1 dan 2 ditetapkan sebesar Rp 9.000, sedangkan untuk GT Kapuk dan GT Cengkareng (khusus GTO) adalah Rp 16.000 dan Rp 7.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com