Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Barat dan Selatan Masih Jadi Favorit Pengembang Apartemen

Kompas.com - 03/11/2016, 16:23 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, ada 77.128 unit pasokan apartemen masa depan yang ditawarkan ke pasar di Jakarta.

Dari hasil riset yang dilakukan Colliers, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan masih menjadi daerah yang paling disukai untuk mengembangkan apartemen strata-title.

Pasalnya, kedua kota administrasi ini terhubung dengan Jakarta Outer Ring Road (JORR), yang dapat meningkatkan aksesibilitas ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di sisi lain, Jakarta Selatan masih menarik sebagai lokasi apartemen karena fasilitas yang lengkap, infrastruktur yang baik dan dekat dengan pusat bisnis.

Berdasarkan komposisi, pembangunan apartemen yang tengah berlangsung di Jakarta Barat adalah sebanyak 28 persen dan Jakarta Selatan 23 persen.

Selain itu, Jakarta Pusat dan Utara tercatat pembangunan apartemen masing-masing 12 persen.

Adapun di Jakarta Timur, pembangunan apartemen sebanyak 19 persen dan pusat bisnis 6 persen.

Salah satu proyek di Jakarta Barat yang tengah dibangun dan dijadwalkan selesai tahun depan adalah Maqna Residence, Wang Residence, Taman Anggrek Residence, 19 Avenue Apartment dan Vittoria.

Sementara di Jakarta Selatan apartemen yang rencananya selesai dibangun tahun depan addalah The Batik @ Pejaten, Selatan 8, The Hamilton, La Terrasse, dan The Foresque.

Di CBD, pembangunan apartemen yang tengah berlangsung antara lain Sudirman Suites, Domaine, Verde Two, dan Anandamaya Residence.

Pada kuartal III/2016, kontribusi tambahan apartemen di Jakarta tercatat sebanyak 3.317 unit.

Berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan Colliers, jumlah ini meningkatkan total stok apartemen strata-title di Jakarta menjadi 171.014 unit atau naik 12,2 persen tahun ke tahun.

Secara keseluruhan, sampai kuartal III 2016, sebanyak 14.107 unit atau 53,1 persen dari total proyeksi 26.583 unit akan selesai dan diserahkan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com