Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Jembatan "Bailey" di Pangandaran Rampung Dua Minggu

Kompas.com - 12/10/2016, 13:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penanganan Jembatan Ciputrapinggan di Kabupaten Pangandaran yang ambruk pada Minggu (9/10/2016) sudah mulai dilakukan.

Pada Selasa (11/10/2016) sejumlah truk pengangkut struktur jembatan bailey dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah VI Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah tiba di lokasi kejadian.

Rencananya, jembatan bailey tersebut akan mulai dipasang pada Rabu (12/10/2016) dan akan selesai dalam beberapa minggu ke depan.

"Kalau cuacanya baik terus, pemasangan jembatan bailey bisa selesai dalam dua minggu" kata Staf Ahli Menteri PUPR Danis H Sumadilaga, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (12/10/2016).

Sedangkan untuk penanganan permanennya, Danis menyatakan ada beberapa opsi. Kendati begitu, pihaknya menargetkan pembangunan jembatan permanen bisa selesai pada Desember 2016.

Sementara itu, Kementerian PUPR juga langsung menangani kerusakan jalan di Kota Banjar akibat tergerus oleh banjir.

"Untuk penanganan jalan di Banjar kita langsung buat permanen, karena lalu lintasnya memiliki jalan alternatif," ujar Danis.

Penanganannya sendiri bisa dilakukan dengan berbagai piihan seperti pemasangan jembatan beton, jembatan aramko baja bergelombang atau pemasangan box culvert ukuran 2x2 meter sebanyak empat buah.

"Pilihan ini tergantung ketersediaannya, kami harap sebulan sudah bisa selesai," tukas Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com