Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Negara Maju, Indonesia Mesti Tingkatkan Kualitas SDM-nya

Kompas.com - 11/10/2016, 17:20 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin menjadi negara maju, penduduk Indonesia tidak semestinya terlampau senang akibat melimpahnya sumber daya alam (SDA). Indonesia harus sudah mulai meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya.

Demikian Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengutarakan pendapatnya dalam orasi ilmiahnya pada Wisuda VI Universitas Bakrie di Balai Kartini, Jakarta (11/10/2016).

"Kita boleh bahagia dengan SDA kita yang melimpah tapi bukan hanya itu, visi membangun negara dengan kualitas SDM yang baik perlu ditingkatkan agar ekonomi tidak terganggu globalisasi," papar dia.

Kualitas SDM ini, lanjut Bambang mampu menentukan taraf hidup penduduk Indonesia lebih baik lagi ke depannya sehingga dapat berdampak langsung pada negara secara keseluruhan.

Negara-negara Asia seperti Singapura, Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan bisa bisa maju karena didukung SDM yang kuat dan berkualitas.

Selain itu, pendapatan yang tinggi juga menunjukkan bahwa sebuah negara berada di dalam kategori maju.

Namun, sayangnya Indonesia masih menjadi negara dengan pendapatan menengah yang cenderung stagnan.

"Indonesia saat ini sedang berada dalam posisi middle trap atau negara yang terjebak pada pendapatan menengah. Akibatnya Indonesia berada di antara yang tinggi dan rendah dan cenderung tak bisa bersaing dengan negara berpendapatan tinggi," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com