Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polandia Punya Jalur Sepeda Bertenaga Surya

Kompas.com - 06/10/2016, 10:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Polandia baru saja meresmikan jalur sepeda baru yang mampu menyala berwarna biru ketika malam tiba.

Jalur sepeda di dekat Lidzbark Warminski itu diterangi oleh fosfor, sebuah material sintetis yang bisa menyala setelah diisi oleh sinar matahari.

Pembuatnya yakni TPA Instytut Bada? Technicznych Sp. z o.o terinspirasi oleh Studio Roosegaarde yang pernah membuat jalur sepeda menyala di Belanda.

Presiden TPA Instytut Bada? Technicznych Sp. z o.o Igor Ruttmar mengatakan bahwa material yang ada di jalur sepeda tersebut bisa menyala selama 10 jam.

Setiap harinya, jalur tersebut mengumpulkan energi guna membuatnya mampu menyala ketika malam.

Direktur Dewan Jalan Daerah di Olssztyn Waldemar Krolikowski menyebutkan bahwa jalur sepeda menyala ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan masyarakat ketika bersepeda pada malam hari.

Partikel-partikel pada material jalur sepeda bisa memberikan bermacam warna, namun perancangnya justru memilih biru agar sesuai dengan lanskap lingkungan sekitar.

Mereka juga telah meneliti keberlanjutan dari material yang mereka gunakan dan bagaimana membuat material tersebut semurah mungkin agar tidak melebihi biaya pembuatan jalur sepeda tradisional.

Saat ini, jalur sepeda tersebut masih dalam tahap pengujian dan belum tahu berapa lama jalur tersebut akan mulai digunakan secara umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com