Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marriott Tuntaskan Akuisisi Starwood

Kompas.com - 27/09/2016, 14:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Marriott International, Inc telah menyelesaikan akuisisi Starwood Hotels & Resorts Worldwide, Inc. Akuisisi ini kemudian menciptakan jaringan hotel terbesar di dunia.

Penyelesaian akuisisi ini merupakan buntut dari kesepakatan yang dilakukan dua belah pihak pada akhir 2015 silam.

Selain menciptakan jaringan hotel terbesar di dunia, kesepakatan akuisisi ini membuat Marriott akan menyatukan status keanggotaan pelanggan setia melalui Marriott Rewards, termasuk juga The Ritz Carlton Rewards dan Starwood Preferred Guest (SPG).

Penyatuan status keanggotaan ini dinilai akan memudahkan pelanggan hotel di bawah jaringan Marriott International dan Starwood Hotels & Resort Worldwide.

“Marriott akan menggabungkan semua penawaran terbaik dari ketiga program loyalti dan kami tidak sabar untuk menunjukkan manfaat serta keuntungan yang dapat diperoleh anggota setia kami dari penggabungan Marriott dan Starwood,” kata Executive Vice President dan Global Chief Commercial Officer Marriott International Stephanie Linnartz dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/9/2016).

Perusahaan baru ini kemudian akan mengoperasikan atau menjalankan lisensi lebih dari 5.700 properti dan 1,1 juta kamar serta mewakili 30 merek terkemuka mulai dari segmen menengah hingga mewah di lebih dari 110 negara.

Penyelesaian proses akuisisi ini sendiri membuat Marriot sekarang memiliki properti lebih dari dua kali lipat di Benua Asia dan Timur Tengah.

Marriott memiliki jaringan hotel antara lain Marriott, Courtyard, dan Ritz Carlton. Sementara itu, Starwood membawahi jaringan hotel Sheraton, Westin, W, dan St Regis.

Kalau dibandingkan, maka 1 dari 15 kamar hotel di seluruh dunia berada di bawah naungan Marriott.

"Menyatukan berbagai merek Starwood dengan Marriott menjadikan kami dapat mencapai tujuan menempatkan merek properti yang tepat di lokasi yang tepat, untuk melayani tamu setia kami, dan juga menyambut tamu baru," tambah Presiden dan CEO Marriott International Arne Sorenson.

Keberhasilan Marriott International mengakuisisi Starwood Hotels & Resorts Worldwide membuat pemegang saham Starwood akan menerima 21 dollar Amerika Serikat (AS) dan sebanyak 0,8 bagian saham biasa Kelas A Marriott International untuk tiap bagian saham biasa Starwood Hotels & Resorts Worldwide.

Adapun biaya yang digelontorkan Marriott International untuk proses akuisisi ini adalah sebesar 140 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,8 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com