Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Pembebasan Lahan Tol Medan-Binjai Kelar Akhir 2016

Kompas.com - 20/09/2016, 22:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Hingga saat ini, perkembangan pembebasan lahan untuk ruas Tol Medan-Binjai terus berjalan dan menunjukkan grafik meningkat.

Tol Medan-Binjai merupakan satu dari sembilan ruas yang masuk ke dalam Jaringan Tol Trans Sumatera.

Didesain sepanjang 16,72 kilometer, ruas tol ini akan dibangun dalam tiga seksioleh PT Hutama Karya (persero) dengan total investasi Rp 1,604 triliun.

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga saat ini pembebasan tanahnya sudah mencapai 77,92 persen dibandingkan data awal tahun sebesar 69,7 persen.

“Seksi 1 yang ke arah Medan memang masih menunggu proses karena masih banyak bidang-bidang tanah yang perlu kami bebaskan. Tapi intinya tidak terganggu lagi kontraktor bekerja,” Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W Husaini, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/9/2016).

Grafik meningkat ini, lanjut Hediyanto, membuatnya optimistis pembebasan lahan seluruh seksi ruas Tol Medan-Binjai bisa selesai pada Desember 2016.

Sementara itu, progres konstruksinya baru sekitar 19,21 persen. Adapun biaya pembebasan lahan untuk ruas tol ini diperkirakan mencapai Rp 495 miliar, sementara biaya konstruksinya sebesar Rp 1,294 triliun.

Ruas Tol Medan-Binjai ditargetkan bisa beroperasi seluruhnya pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com