Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Akses ke Danau Toba, Tol Tebing Tinggi-Parapat Segera Dibangun

Kompas.com - 21/08/2016, 11:49 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemudahan akses menjadi salah satu hal yang akan menjadi perhatian pemerintah dalam mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Oleh sebab itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membangun Jalan Tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat.

Jalan tol sepanjang 98,5 kilometer itu rencananya akan mulai dibangun pada 2017 mendatang. Akses baru ini akan terkoneksi dengan tol Medan-Binjai-Tebing Tinggi yang saat ini dalam tahap pembangunan.

Kementerian PUPR tengah melakukan feasible study atau studi kelayakan dan dokumen pengadaan lahan untuk Tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat.

Sedangkan untuk Tol Medan-Binjai-Tebing Tinggi sudah mengalami progres signifikan dalam hal pengadaan tanah yang mencapai 80 persen dan progres fisik 30 persen.

Selain membangun infrastruktur, Kementerian PUPR juga rencananya akan melakukan pembangunan dan perbaikan kawasan di sekitar Danau Toba.

Sesuai rencana pembangunan KSPN Danau Toba 2015-2019, pada 2016 ini, Kementerian PUPR membangun Kawasan Permukiman Perdesaan di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir, dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com