Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Lelang Tol Aceh Akhir Tahun 2016

Kompas.com - 09/08/2016, 14:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Aceh akan segera memasuki proses lelang. Tol ini rencananya dibangun sepanjang total 455 kilometer.

"Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa kita lelang," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin malam (8/8/2016).

Tahap lelang ini, kata Basuki, dilakukan berdasarkan kondisi di lapangan, yaitu pemasangan beberapa pen lock dan trase.

Ke depannya, pemerintah akan memastikan dan melengkapi pemasangan pen lock untuk proses pembebasan lahan.

"Itu sudah termasuk di dalam penugasan, di dalam percepatan," kata Basuki.

Ia menambahkan, untuk penugasan kontraktor yang membangun Tol Aceh, pemerintah menunjuk badan usaha milik negara (BUMN) PT Hutama Karya (Persero).

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117/2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera, ada empat ruas tol yang menjadi bagian dari 24 ruas Jaringan Tol Trans Sumatera, yakni Binjai-Langsa, Langsa-Lhokseumawe, Lhokseumawe-Sigli, dan Sigli-Banda Aceh.

Rincian panjang tiap ruasnya, yaitu Binjai-Langsa 110 kilometer, Langsa-Lhokseumawe 135 kilometer, Lhokseumawe-Sigli 135 kilometer, dan Sigli-Banda Aceh 75 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com