Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cuan" Apartemen Sewa di Cikarang Lebih Tinggi ketimbang Jakarta

Kompas.com - 03/08/2016, 20:29 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Padatnya populasi Cikarang mendorong pasar sewa hunian, khususnya apartemen, merangkak naik. Para pegawai dan karyawan dari sejumlah pabrik di kawasan itu merupakan pasar potensial untuk hunian sewa.

Keuntungan nilai sewa per tahun dari harga properti atau yield apartemen di Cikarang bahkan disebut-sebut lebih tinggi daripada di Jakarta.

"Sewanya bagus sekali. Rental yield-nya hampir 20 persen," ujar Marketing Director Lippo Homes, Joppy Rusli, di Marketing Gallery Kemang Village, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Joppy mengatakan, hal itu berdasarkan harga sewa apartemen-apartemen di Lippo Cikarang.
Harga untuk apartemen servis Axia South, lanjut dia, dengan ukuran 36 meter persegi mencapai 2.500 dollar AS per tahun.

Sementara itu, apartemen Trivium memiliki dua kisaran harga sewa karena terdiri dari dua tipe. Untuk tipe satu kamar tidur dengan luas 37 dan 38 meter persegi, kisaran harga sewanya Rp 80 juta-Rp 125 juta per tahun. Adapun harga sewa untuk tipe dua kamar tidur seluas 56 meter persegi berkisar Rp 155 juta-Rp 175 juta per tahun.

Dilihat dari sisi investasi, harga unit apartemen Trivium dengan luasan 37 dan 38 meter persegi adalah Rp 450 juta-Rp 650 juta. Dengan demikian potensi keuntungan rentalnya 16 persen-20 persen.

Adapun unit dengan tipe dua kamar tidur harganya dibanderol Rp 800 juta-Rp 950 juta. Dari harga beli dan sewa tersebut, potensi keuntungan rentalnya 18 persen-20 persen.

"Di Jakarta, yield 10 persen saja sudah bagus. Rentalnya (di Cikarang) luar biasa karena banyak orang asingnya," kata Joppy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com