Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Kotak Ajaib, Apartemen Sempit Terkesan Lega

Kompas.com - 29/07/2016, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Dezeen

BERLIN, KOMPAS.com - Desainer asal Jerman Till Könneker menciptakan sebuah kotak ajaib hemat tempat yang bisa dimanfaatkan sebagai area tidur tambahan dan ruang penyimpanan efektif bagi apartemen studio.

Hasil temuannya ini kemudian diberi nama "The Living Cube". Penemuan 'The Living Cube" berawal dari kebutuhan Könneker yang merasa kekurangan ruang penyimpanan dan apartemennya terlalu kecil untuk berkegiatan.

"Tempat tinggal saya tidak memiliki ruang penyimpanan, tapi plafonnya sangat tinggi. Saya menginginkan solusi ringkas. Pada satu malam, citra kotak ini muncul dalam kepala saya. Saat itu saya membuat sketsa sederhana," ujar Könneker, seperti dikutip Dezeen.

Temuan Könneker ini sekilas tampak menyerupai lemari berukuran besar, namun memiliki fungsi lebih banyak dari sekadar tempat menyimpan pakaian.

"The Living Cube" terdiri dari rak-rak yang bisa digunakan oleh pemilik apartemen studio untuk menyimpan buku, pakaian, sepatu, bahkan televisi.

Könneker mengaku tidak memiliki motif ekonomi sama sekali dari penemuannya ini, namun pada kenyataannya bukan hanya Könneker yang membutuhkan hal serupa.

Oleh sebab itu, Könneker kemudian mendesain kembali "kotak ajaibnya" agar dapat diatur lebih fleksibel dan bisa digunakan di apartemen lain.

Dia kemudian mendesain "The Living Cube" yang lebih sesuai dengan bermacam karakter apartemen studio. Desain barunya ini memiliki rak buku, meja, dan lemari yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Könneker bahkan kini tengah mempelajari kemungkinan bentuk "The Living Cube" yang bisa digunakan di sekolah asrama, hotel, dan barak militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com