Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Lesu, Peritel di Orchard Road Singapura Buka Gerai Kuliner

Kompas.com - 26/07/2016, 18:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Orchard Road, salah satu pusat perbelanjaan di Singapura yang menjadi destinasi wisatawan lokal dan mancanegara masih belum kehilangan pamornya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (24/7/2016) sore, kondisi di sana masih ramai pengunjung yang berbelanja atau sekadar berswa-foto saja.

Sebelumnya diberitakan, reputasi Orchard Road Singapura sebagai surga belanja tengah mengalami penurunan performa akibat lemahnya ekonomi lokal dan turunnya minat belanja turis.

Baca: Sepi Pengunjung, Orchard Road Singapura Bukan Lagi Surga Belanja

Faktor lainnya adalah tingkat kekosongan di ruang komersial sepanjang Orchard Road semakin besar akibat banyaknya ritel yang menutup tokonya di sana.

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, salah satu manajer Orchard Central membenarkan ada beberapa ritel yang hengkang dari Orchard Park.

Namun, menurutnya hal itu hanya terjadi pada ritel pakaian atau busana pria dan wanita. Dia juga membenarkan kekosongan itu terjadi akibat melemahnya ekonomi di sana.

Untuk itu, salah satu cara mengembalikan okupansi dengan membuka ritel-ritel food and beverages (F&B). Alasannya karena saat ini banyak wisatawan baik lokal dan asing berwisata kuliner di Orchard Road.

Meski begitu, Orchard Central yang merupakan salah satu mal di Orchard Road tengah bersiap membuka toko Uniqlo dan beberapa ritel pakaian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com